MUSIK KLASIK: MANFAATNYA BAGI OTAK ANAK



Efek Mozart yang terkenal itu didapat dari penelitian para ilmuwan di University of California pada tahun 1993 yang menemukan bahwa mendengarkan musik yang diciptakan Mozart (Sonata in D major) ternyata dapat meningkatkan IQ dan memori. Musik dan proses spasial (ruang) memiliki satu jalur persarafan.

Mungkin banyak musik lain yang bisa meningkatkan kecerdasan, tapi sampai saat ini belum ada  -penelitiannya. Jadi mengapa tidak memperdengarkan lebih banyak musik yang sudah terbukti khasiatnya, daripada yang belum terbukti manfaatnya.

Selain itu, cara kerja alami otak adalah mencari pola. Seperti disebutkan di atas ketrampilan mengenali pola sangat dibutuhkan dalam kecerdasan matematika. Musik klasik dapat meningkatkan kecerdasan karena memiliki pola yang jelas dan unik.

Disamping itu, manusia dilahirkan dengan kemampuan untuk merasakan berbagai macam emosi dari  ang paling sedih sampai yang paling bahagia, dan masih banyak karakter emosi lain di antara keduanya. Kelebihan musik klasik adalah kemampuannya untuk membangkitkan berbagai macam emosi yang terkandung dalam diri seseorang.

Segala macam emosi akan terekspresikan, bahkan mungkin emosi yang belum pernah dirasakan seseorang pada pengalaman hidup sehari-hari. Hal itu saya alami secara pribadi, bahwa saya pernah merasakan sukacita dan damai yang terdalam melalui musik klasik.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar