Anda Bertanya Kemi Menjawab - Anak TK Tidak Mau Ditinggal di Kelas




Tanya:
Anak saya, laki-laki, sekarang 4,5 tahun. Tahun lalu saya memasukkannya ke TK. Selama beberapa hari saya mengantar dan menunggu di luar kelas. Anak saya selalu minta saya menemani di dalam kelas. Guru menyuruh saya menunggu di luar kelas, tapi anak saya selalu menangis dan mengganggu pelajaran. Akhirnya saya memutuskan untuk menunda sampai  tahun ini untuk memasukkan anak saya ke TK. Saya takut mengalami kejadian seperti tahun lalu. Bagaimana kalau anak saya tidak mau bersekolah sebab saya tidak menunggu di dalam kelas?

Jawab:
Bunda, semua anak memerlukan masa transisi ketika mulai bersekolah. Beberapa anak memerlukan waktu lebih lama untuk menyesuaikan diri, mendapat teman-teman  baru dan akhirnya betah di sekolah.

Mulailah melakukan persiapan sebelum mulai masuk sekolah dengan membawa anak ke sekolahnya, mengajaknya berjalan-jalan di sekolah. Tunjukkan ruang kelas, tempat bermain dan juga toilet. Kenalkan anak kepada guru-guru dan pegawai sekolah.

Membawa anak berbelanja keperluan sekolah seperti tas sekolah, sepatu dan buku-buku juga dapat membantu membangkitkan semangat anak bersekolah.

Silakan baca artikel kami, Mempersiapkan Anak-anak Menghadapi Tahun Ajaran Baru

Semoga bermanfaat. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar