Pahami Perubahan Ketika Anak Bertumbuh

Seiring perkembangan usia, kebutuhan dan pemahaman anak pun berubah.

Eksplorasi: Anak yang masih kecil mengenal dunia dengan cara menyentuh, mengguncang, menjilat, menuang, meremas, dan masih banyak lagi. Ini bukan tindakan nakal. Akan tetapi, dengan cara inilah anak mengenal dunia sekitarnya. Di rumah, sebaiknya simpan barang-barang berharga dan barang yang mudah pecah agar anak-anak bisa mengeksplorasi dunia sekitarnya dengan aman. Saat anak-anak masih kecil, suasana rumah bisa kacau dan membuat kita lelah. Tapi coba pikir, dengan semua kekacauan itu mereka belajar banyak hal!

Kemandirian: Saat anak Anda bertambah besar, mereka akan mencoba melakukan hal-hal yang baru. Anda dapat melatih kemandirian mereka dengan cara memberi mereka kesempatan untuk melakukan banyak hal sendiri. Misalnya, Anda dapat meletakkan mainan anak di tempat yang tidak terlalu tinggi sehingga mereka bisa mengambilnya sendiri. Selain itu, berilah mereka kesempatan untuk memakai baju sendiri atau makan sendiri.


Dorongan semangat: Anak-anak akan belajar apa saja yang boleh dilakukan dari orang tua. Karena itu, berilah pujian dan perhatian jika mereka berperilaku baik. Jika Anda hanya memberi perhatian saat anak Anda nakal, selanjutnya mereka akan berusaha mencari perhatian dengan melakukan kenakalan. 

Tips ini dimuat dalam Booklet Cara Cerdas Mengatasi Konflik dan Kenakalan Anak - Kumpulan Tips Parenting, karya Andyda Meliala dan Tim Resourceful Parenting Indonesia yang akan beredar  akhir Juni 2013.
Hubung 0821-3341-5615

Tidak ada komentar:

Posting Komentar