Teka Teki Gelas


 Ubah susunan 6 gelas ini sehingga berselang seling antara gelas kosong dan berisi, dengan menyenyuh satu gelas saja.

Teka Teki Korek Api


Pindahkan 3 batang korak api sehingga ikan ini mengharap ke arah sebaliknya

Permainan Angka Sudoku

Masukkan angka 1-9 ke dalam kotak .
Tiap baris, kolom, dan kotak kecil berukuran 3x3 harus diisi angka 1-9
Jangan menebak, gunakan logika!


Menanam Pohon

Pak Marko mempunyai kebun yang luas di belakang rumahnya. 
Tidak ada pohon di kebun itu.
Pada suatu hari pak Marko membeli 10 batang pohon.
Pak Marko berkata kepada pak Yudi, tukang kebunnya. 
"Tolong tanam 10 pohon ini membentuk 5 baris, dan tiap baris harus berisi 4 pohon"
Bagaimana pak Yudi menanam pohon-pohon itu?

Rumpelstilskin


Dahulu kala ada sebuah kerajaan di daerah timur. Kerajaan itu subur, tanahnya tertutup ladang gandum yang menghasilkan panen berlimpah. Tiap warga mempunyai persediaan makanan lebih dari cukup dan dapat menjualnya sebagian ke pedagang dari negara tetangga. Mereka kaya raya seperti raja mereka.
Tetapi hal ini justru membuat raja mereka iri. Selain itu ia juga tamak. Ia suka mengamati jerami yang baru dipotong dari ladang. Menurutnya, warna jerami itu seperti emas. Lambat laun pikirannya dipenuhi dengan bagaimana caranya mengubah jerami menjadi emas. Ia mulai membawa semua jerami yang dapat diperolehnya dan menyimpannya di tiga gudang besar di istana. Ia memperkerjakan para ahli kimia dari seluruh dunia untuk membuat formula yang dapat mengubah jerami menjadi emas,  tapi tak seorangpun berhasil melakukannya.  
Keinginan raja mengubah jerami menjadi emas diketahui seluruh rakyatnya dan seorang pengusaha penggilingan gandum mengambil keuntungan untuk kepentingannya sendiri. Ia memiliki seorang anak gadis yang cantik jelita. Seperti ayah lain, ia menganggap puterinya adalah gadis tercantik di seluruh dunia dan ia ingin menikahkan gadis itu dengan raja dan menjadikannya ratu.
Pada suatu hari, ia pergi ke istana untuk menemui raja. Ia menceritakan anak gadisnya dan mengatakan bahwa gadis itu dapat memintal jerami menjadi emas. Raja sangat tertarik, “Jika benar puterimu dapat memintal jerami menjadi emas,  aku akan menikah dengannya dan ia akan menjadi ratu. Tapi puterimu harus membuktikan ucapanmu. Bawalah puterimu ke istana nanti malam. Aku harus mengujinya.“
Raja meletakkan mesin pemintal di salah satu gudang jeraminya di istana. Ketika puteri penggiling gandum datang sore itu, raja mengajaknya ke gudang jerami dan menunjukkan mesin pintal dan jerami. “Aku ingin kau pintal semua jerami ini menjadi emas,” kata raja. “Aku akan datang kembali besok pagi, dan bila kau tidak dapat menyelesaikan pekerjaanmu, kau akan dihukum mati. Nah, tunggu apa lagi? Mulailah bekerja!” Raja mengunci gadis itu di dalam gudang dan pergi.

Permainan Cari Kata - Nama Burung


Dibuat dengan https://worksheets.theteacherscorner.net

Bantu Bea Lebah Pulang ke Sarangnya

Bea lebah sibuk mencari madu. 
Hari ini ia terbang jauh dari sarangnya.
Tiba-tiba, ia sadar bahwa ia tersesat!
Bapatkan kamu membantu Bea lebah pulang ke sarangnya?




Aktivitas untuk Menanamkan Empati Pada Anak Anda


Empati dimiliki anak-anak secara alami, tapi kita perlu menanamkan dan mengembangkannya.
Berikut ini beberapa aktivitas empati yang dapat Anda lakukan bersama anak untuk menanamkan perasaan empati

Beri Label pada perasaan yang berbeda
  • Tuliskan situasi sulit pada sebuah kartu dan berikan kepada anak Anda. Anak akan lebih mudah mempelajarinya bila Anda dapat memberikan contoh situasi nyata dalam kehidupan yang mungkin dialami anak di  sekolah atau dilihatnya pada orang lain.
  • Tulis skenario dimana anak melihat seseorang di-bully atau anak sendiri mengalaminya atau justru anak membully seseorang
  • Jelaskan  bahwa situasi dalam skenario itu dapat membangkitkan sebuah perasaan yang sangat kuat. Tanyakan kepada anak Anda, perasaan apa yang timbul dalam pikirannya ketika membaca situasi yang disebutkan dalam skenario itu. bila anak tidak mampu menyebutkan emosi yang dirasakannya, bantu dengan menyebutkan kata-kata seperti marah, takut, khawatir, dipermalukan, frustrasi dan lain-lain
  • Katakan kepada anak bahwa tidak apa-apa mempunyai perasaan seperti itu, tapi ia tidak boleh bereaksi dengan keras atau gresif. Jangan membully orang lain. Anak Anda harus berteman dengan orang itu atau menghindarinya


Berbeda itu baik
  • Gunakan aktivitas ini untuk menunjukkan kepada anak bahwa setiap orang tidak sama dan tiap orang berbeda satu sama lain.
  • Mintalah anak Anda untuk mengidentifikasi perbedaan pada dua orang yang ia kenal
  • Sebuah contoh sederhana yang dapat Anda gunakan: seorang teman sekelasnya dapat berlari cepat sekali, sedangkan teman yang lain sangat lambat, anak Anda suka menggambar dan mewarnai, sedangkan kakaknya suka bermain dengan balok-balok atau melempar bola, teman anak Anda tubuhnya tinggi, sedangkan anak Anda lebih pendek.
  • Katakan kepada anak Anda bahwa tiap orang berbeda satu sama lain dan itu adalah hal yang baik.
  • Tanyakan kepada anak Anda, bila semua orang mempunyai perasaan yang sama, apakah itu akan terasa menarik atau membosankan?
  • Jelaskan bahwa tidak apa-apa bila ia tidak sependapat dengan apa yang sikatakan atau dilakukan orang lain, bahkan  baik bila ia mempunyai opini yang berbeda dengan mereka. Tapi  juga penting untuk saling memahami dan menghormati.

 Bagaimana membantu orang lain merasa lebih baik
  • Tanyakan banyak hal kepada anak Anda untuk mengajarkannya berempati kepada orang lain
  • Tanyakan bagaimana ia dapat memahami perasaan orang lain. berikan petunjuk bila anak tidak dapat menjelaskan bagaimana untuk melakukannya.
  • Tanyakan bagaimana anak mengidentifikasi tanda-tanda dan membacanya ketika seseorang tersenyum, menangis, bila seseorang dijauhi teman-temannya dan duduk sendirian, bila seseorang tampak ketakutan, dsb.
  • Bila anak Anda sudah dapat menidentifikasi ekspresi atau perasaan yang dialami orang lain, tanyakan apa yang menurutnya dapat dilakukannya untuk membuat orang itu merasa lebih baik. Beberapa hal yang dapat dilakukan anak adalah menepuk punggung, memeluk, berbicara atau bertanya apakah ia dapat melakukan sesuatu untuk membuat mereka merasa lebih baik.

Jangan lakukan hal yang kamu tiak ingin dilakukan orang lain pada dirimu.
  • Aturan sederhana yang dapat dipelajari anak Anda adalah perilaku anak Anda kepada orang lain adalah sama dengan yang diharapkan anak Anda dari orang lain. misalnya, anak Anda tidak suka bila seseorang mengatakan bahwa ia bukan orang yang menyenangkan. Dengan cara yang sama, anak Anda tidak boleh mengatakan bahwa seseorang tidak menyenangkan.
  • Bila perlu, Anda dapat meminta anak Anda menulis hal-hal yang menurutnya akan menyakiti perasaannya bila dilakukan orang lain pada dirinya. Minta anak membacanya dan mengingat bahwa hal-hal itu tidak boleh dilakukannya kepada orang lain.

Mengajarkan empati kepada anak Anda adalah karaktwrisitik kunci yang akan membantu anak di masa mendatang. Hal itu akan membentuk dasar bagaimana ia berinteraksi dengan orang lain dan bagaimana perilaku orang lain kepadanya. Pastikan Anda mengikuti prinsip yang sama dengan perilaku Anda kepadanya dan orang lain, karena anak Anda akan menyerap pelajaran pertama dari Anda

Sumber: http://www.momjunction.com

Acak-Acak Nama Kota Dunia

Berikut ini beberapa nama kota di dunia, tapi penulisannya tidak beraturan.
Apa nama kota yang benar?

YISEND
BOKANGK
ASPIR
NONDOL
ALIM
YOKOT
ATAKJAR
AKORi


Berapa Berat Kucing Tania?

Tania mempunyai 3 kuicing. Ketiganya kucing itu berat badannya berbeda-beda.
Berat si Manis digabung dengan berat si Neko 7 kg. Berat si Neko digabung dengan Miu ada 8 kg. Sedangkan berat si Manis digabung dengan Miu adalah 11 kg.

Berapa berat masing-masing kucing?

Mitos Atau Fakta? Kepribadian Seseorang Menunjukkan Belahan Otak Kiri atau Kanan yang Dominan

Jawabannya: Mitos
Fakta: Kedua belahan otak saling berhubungan dan saling tergantung
Anda mungkin pernah mendengar bahwa seseorang mempunyai otak kanan atau otak kiri yang lebih dominan, misalnya manusia dengan otak kanan dominan lebih kreatif dan artistik, sedangkan otak kiri membuat seseorang lebih teknis dan logis. Pemeriksaan otak membuktikan bahwa kedua belahan otak lebih sering bekerja bersama dalam pemrosesan yang rumit. Misalnya, pemrosesan bahasa yang dulu dianggap berhubungan dengan belahan otak kiri, sekarang diyakini berjalan di kedua belahan otak: belahan otak kiri memroses tata bahasa dan pengucapan sedangkan belahan otak kanan memroses intonasi.


Sumber: http://www.brainhq.com

Ada Berapa Kubus?

Ada berapa kubus pada gambar ini?


Burung Gereja dan Gajah


Dahulu kala, hiduplah sepasang burung gereja di sebuah pohon beringin. Mereka membangun sarang di pohon itu dan so betina bertelur. Pada suatu siang yang panas, seekor gajah liar berteduh di bawah pohon beringin itu. Merasa marah karena kepanasan, gajah itu mematahkan sebatang dahan pohon beringin di mana pasangan burung gereja itu bersarang. Burung malangh itu selamat, tapi mereka tidak dapat menyelamatkan telur-telur mereka. Semua jatuh dan pecah. Burung gereja betina sangat sedih dan berduka.

Seekor burung pelatuk, sahabat burung gereja betina sangat prihatin mendengar kejadian itu. “Ada seekor lalat,” kata pelatuk, “ia dapat membantumu membalaskan perbuatan gajah itu.”

Burung gereja dan pelatuk pergi menemui sang lalat. “Ini sahabatku,” kata pelatuk kepada lalat. “seekor gajah memecahkan telur-telurnya. Kami membutuhkan bantuanmu. Bantu kami membalas perbuatan gajah itu.”

“Ayo kita pergi menemui katak, sahabatku,” kata lalat. Mereka bertiga pergi menemui katak untuk minta bantuan.

“Lakukan apa yang kukatakan kepadamu,” kata katak. “Lalat, pergilah mendekati gajah pada suatu siang yang panas. Mendekatlah pada telinganya dan gumamkan lagu yang indah di telinganya. Ketika gajah tidak menyadari apa yang terjadi, kau pelatuk, patuk kedua matanya.dengan demikian, ia menjadi buta. Ketika ia haus, ia akan mencari sumber air. Aku akan menunggunya di rawa-rawa dan berkoak. Ketika ia mendengar suaraku, ia mengira telah tiba di sumber air. Ia akan masuk ke rawa dan tenggelam di sana.

Esok siangnya, matahari bersinar terik. Lalat, burung pelatuk dan katak menjalankan rencana mereka. Karena buta, gajah itu masuk ke rawa dan tenggelam

Siapakah Aku?

Aku hidup di laut tapi bukan ikan
Aku bernafas dengan paru-paru
Tubuhku besar tapi makananku sangat kecil 
Aku melahrikan dan menyusui anakku
Siapakah aku?

Tips Mudah Mengajarkan Empati Kepada Anak-anak


Menunjukkan empati kepada sesama adalah sesuatu yang harus dipelajari sejak dini sehingga tertanam pada anak-anak bahkan ketika mereka  tumbuh dewasa.
Peka terhadap perasaan orang lain mungkin tumbuh secara alami pada anak-anak, tetapi orang tua perlu membuat anak-anak mengajarkan pentingnya berempati kepada orang lain.

Apa itu empati? Empati adalah kemampuan untuk memahami sekaligus utuk merasakan emosi orang lain.  Empati adalah salah satu bagian penting dari kecerdasan emosional dan mencerminkan kemampuan anak untuk memahami perasaaan orang lain.

Apa saja elemen empati?
Berikut ini elemen kunci empati yang dapat membantu Anda memahami dan menanamkan perasaan itu pada anak Anda:
  • Mampu memahami apa yang dirasakan orang lain
  • Membentuk sifat baik hati kepada orang lain dan berusaha memahami kebutuhan mereka.
  • Berusaha melakukan sesuatu yang bermanfaat bagi anak Anda dan juga bagi orang lain.
  • Mendukung orang lain dan membuat mereka merasa lebih baik pada saat mereka mengalami sesuatu yang kurang menyenangkan.

Kapan anak-anak mulai membentuk perasaan empati?
Anda mungkin merasa bahwa empati adalah emosi istimewa yang perlu Anda kembangkan pada anak Anda, tetapi sering kali empati adalah adalah bagian alami emosi anak Anda. Mereka belajar berempati sejak masih kecil, khususnya bila ada lingkungan penuh kasih sayang, saling perhatian dan memahami di rumah.
Untuk dapat berempati kepada orang lain dan memahami persaan orang lain, anak Anda  juga perlu merasakan orang lain berempati pada mereka. Perasaan bahwa orang lain memperhatikan dan peduli pada anak Anda membuat mereka mampu bersikap peduli dan memahami perasaan orang lain.

Tips mengajarkan empati kepada anak-anak
1. Tunjukkan empati kepada anak Anda
  • Bahkan sebelum mengajarkan empati kepada anak Anda, penting untuk berlatih sendiri. Salah satu terbaik untuk mengajarkan kepada Anak Anda adalah dengan memberi kesempatan anak melihat sendiri Anda melakukannya.
  • Berempati kepada anak Anda dan kembangkan perasaan itu kepada anggota keluarga yang lain, teman Anda, teman anak Anda, tetangga, bahkan orang asing.
  • Anak Anda akan mencontoh perilaku Anda, dan bila Anda berbagi perasaan itu dengan orang lain, anak Anda akan menirukannya.
  • Pastikan bahwa Anda selalu ada untuk anak Anda. Mungkin secara fisik Anda tidak dapat selalu bersama anak Anda, tapi Anda dapat menghabiskan waktu berkualitas bersama buah hati ketika ia bersama Anda
  • Ketika Anda berkomunikasi dengan bebas anak Anda, tanyakan tentang kesehariannya dan tunjukkan minat pada aktivititas dan perasaannya. Anak Anda akan mengetahui bahwa Anda peduli akan perasaannya dan bahwa penting untuk melakukan hal itu untuk sseorang yang Anda sayangi.

2. Diskusikan tentang perasaan empati dengan anak Anda
Bila Anda merasa anak Anda sudah cukup besar dan dapat mengungkapkan perasaannya dengan kata-kata, tanyakan tentang arti empati, dan bagaimana ia paham perasaan orang lain
Jelaskan kepada anak Anda bahwa ia dapat mengkomunikasikan tentang empati melalui kata-kata dan tindakannya.

3. Ajarkan tentang empati melalui bahasa tubuh dan ekspresi wajah
Anak Anda tidak harus selalu mengatakan sesuatu untuk berbagi perasaan empatinya kepada orang lain. ia  dapat berbagi perasaannya melalui bahasa tubuh dan juga ekspresi wajah.
Bantu anak Anda belajar tentang ekspresi dan emosinya dengan menunjukkan ekspresi suatu emosi dan memintanya menirukan ekpresi itu. Anak Anda mungkin tidak dapat langsung mengenali suatu emosi, tapi bila Anda melatihnya dengan teratur, anak Anda akan segera memahami dan  belajar.

4. Komuniikasikan perasaan Anda dengan anak Anda
Tindakan Anda akan menunjukkan bagaimana Anda berinteraksi dengan orang lain, tapi menjelaskannya dengan kata-kata juga merupakan cara yang baik untuk menanamkan perasaan empati.
  • Cara yang sangat mudah untuk melakukannya adalah membicarakan dengan anak Anda begaimana perasaan Anda dan mengapa Anda merasa demikian.
  • Anda dapat mengatakan bahwa Anda merasa sedih atau marah karena seseorang mengatakan sesuatu yang buruk tentang Anda atau Anda merasa frustrasi karena tidak dapat menemukan benda yang Anda cari.
  • Katakan kepada anak Anda bahwa tidak apa-apa bila merasakan suatu emosi tertentu dan bereaksi pada emosi itu dan juga tidak apa-apa untuk membicarakannya. Dorong anak Anda untuk mengatakan perasaannya dan mengapa ia merasakannya kepada Anda.
  • Hargai tiap tanda empati yang ditunjukkan anak Anda
  • Kapan pun Anda merasa bahwa anak menunjukkan empati kepada orang lain, hargai tindakan anak dan buatlah anak merasa senang karenanya.
  • Katakan kepada anak Anda bahwa caranya menangani situasi membuat Anda bangga dan Anda merasa senang karena ia berpilaku demikian.
  • Jelaskan bahwa tiap anak Anda menunjukkan empati kepada orang lain membantu menciptakan pengaruh yang positif.


Sumber: http://www.momjunction.com

Teka Teki Silang

Lengkapi Teka Teki Silang di bawah ini


Mengapa Kita Mempunyai Bulu Mata?



Bulu mata adalah bulu-bulu yang ada di tepian mata. Di bagian atas mata ada 90 – 150 helai bulu dan ada 70-80 bulu di bagian bawah mata pada masing-masing mata. Bulu mata di bagian atas lebih panjang daripada bulu mata di bagian bawah, yaitu mencapai panjang sampai 1 cm.

Mengapa kita mempunyai bulu mata? Bulu mata bukan berperan sebagai penghias mata saja. Tujuan utama bulu mata adalah melindungi mata kita. Bulu mata menjaga agar kotoran, kuman dan benda-benda lain tidak masuk ke dalam mata.

Mata adalah bagian tubuh yang sangat lembut dan harus dijaga kebersihannya. Bulu mata juga dapat membantu kita  mengetahui benda asing yang mendekati mata kita. Ketika bulu mata merasakan sentuhan kotoran atau debu, bulu mata mengirmkan pesan agar kita menutup mata dan mencegah benda asing itu masuk.

Seperti rambut di kepala kita, bulu mata secara alami tanggal dan tumbuh kembali, tapi mungkin kita tidak dapat merasakan bulu mata tanggal.

Sumber:

Http://whyzz.com

Bagian Gambar yang Hilang

Pada gambar ini ada bagian yang hilang
Cari bagian  yang hilang itu di bagian bawah





Sumber gambar: https://www.pinterest.com/pin/561331541032732004

Apakah Bayi Anda Sudah Siap Menerima Makanan Padat?

Bayi dianjurkan mengkonsumsi ASI eksklusif dari lahir hingga usia 6 bulan, tapi Dr. Alan Greene menganjurkan untuk mulai mengenalkan makanan padat mulai usia 4 bulan. Sebelum itu, sistem pencernaan bayi  hanya dapat mencerna apa pun selain ASI atau susu formula. Kebutuhan nutrisi bayi dapat dicukupi dengan ASI atau susu formula.

Pada usia  4 bulan, bayi dapat diperkenalkan dengan rasa dan teksture makanan padat. Jangan lupa tetap memberikan ASI atau susu formula walaupun bayi Anda sudah mengkonsumsi makanan padat. ASI atau susu formula harus tetap diberikan sampai bayi berusia 1 tahun.

Kapan Anda dapat mulai memperkenalkan makanan padat kepada bayi?  Dr. Greene menyarankan  Anda melihat bayi Anda dan bukan kalender. 

Perhatikan tahap perkembangan bayi Anda pada usia 4-6 bulan:
  • Bayi sudah dapat duduk atau mulai duduk. Bayi dapat duduk tegak dengan penyangga. Bayi juga sudah dapat mempertahankan kepalanya tetap tegak.
  • Bayi sudah dapat mengkordinasikan semua otot-otot yang dibutuhkan untuk menelan. Bayi sudah kehilangan extrusion reflex yaitu refleks untuk menggunakan lidah mendorong makanan keluar dari mulutnya.  
  • Gerakan mengunyah. Mulut dan lidah bayi berkembang sejalan dengan sistem pencernaannya. Untuk mulai makan makanan padat, bayi harus dapat memindahkan makanan ke bagian belakang mulut dan menelan. Ketika bayi belajar menelan dengan baik, bayi akan lebih sedikit mengeluarkan air ludah, kecuali sedang tumbuh gigi.  
  • Bayi menunjukkan minat untuk makan dengan bahasa tubuh. Misalnya bayi memperhatikan ketika Anda menyuap makanan atau rewel dan bergerak-gerak ingin mengambil mangkuk atau sendok Anda.  
  • Bayi tampak lapar walaupun Anda sudah memberikan cukup ASI atau susu fomula. Hal ini sering dimulai ketika bayi mencapai berat badan 2 kali dari berat badannya ketika ia lahir. 
Pada usia ini penglihatan bayi terutama pada benda warna-warni menjadi lebih kuat. Anda dapat melihat bayi Anda memperhatikan Anda memasukkan makanan berwarna-warni ke mulut Anda. Ini kunci pada tahap perkembangan ini. Ketika Anda mulai memperkenalkan makanan padat kepada bayi, ingatlah bahwa Dr. Greene mengatakan tentang kebiasaan makan bayi di masa mendatang, bahwa pada usia 4 bulan bayi memperhatikan apa yang dimakan orang yang lebih besar dan mengingatnya. Bayi mungkin akan memakannya bila mereka melihat orang tuanya memakan makanan itu walaupun hanya sekali. Anda dapat memberi contoh yang baik untuk membentuk kebiasaan makan yang baik.

Bagaimana mengenalkan makanan padat kepada bayi?
Pertama, berikan ASI atau susu formula kemudian berikan satu atau dua sendok teh makanan yang sudah dihaluskan atau dijadikan puree. Gunakan sendok plastik yang lunak. Jangan mencampurkan puree atau cereal ke dalam susu formula karena bayi dapat menghubungkan belajar bahwa makan harus dilakukan dengan duduk dan menggunakan sendok. Bila bayi tidak terlalu tertarik dengan makanannya, ambil sedikit makanan dengan ujung sendok dan dekatkan ke hidung bayi agar ia bisa mencium aromanya. Cara memperkenalkanmakanan padat pertama kali adalah, berikan ASI atau susu formula kemudian berikan satu atau dua sendok teh makanan yang sudah dihaluskan atau dijadikan puree. Gunakan sendok plastik yang lunak. Jangan mencampurkan puree atau cereal ke dalam susu formula karena bayi dapat menghubungkan belajar bahwa makan harus dilakukan dengan duduk dan menggunakan sendok. Bila bayi tidak terlalu tertarik dengan makanannya, ambil sedikit makanan dengan ujung sendok dan dekatkan ke hidung bayi agar ia bisa mencium aromanya sehingga timbul seleranya untuk makan.

Apa tandanya bayi merasa kenyang?
Selera makan bayi bervariasi dari satu waktu ke waktu, sehingga memperkirakan makanan yang sudah dimakan tidak dapat menunjukkan bahwa bayi sudah kenyang. Berikut ini tanda-tanda bahwa bayi merasa kenyang:
  • Bayi menyandar di kursinya
  • Membuang muka ketika Anda menyuapkan makanan
  • Mulai bermain dengan sendok
  • Tidak mau membuka mulutnya ketika disuapi (perhatikan, apakah bayi sudah menelan makanan yang disuapkan sebelumnya. Beri bayi waktu untuk menelan makanannya.)


Apakah saya harus tetap memberikan ASI atau susu formula?
Ya. Bayi tetap membutuhkan ASI atau susu formula sampai berumur 1 tahun. ASI dan susu formula memberi vitamin penting, zat besi dan protein dalam bentuk yang mudah dicerna. Makanan padat tidak dapat menggantikan semua zat gizi yang ada di ASI atau susu formula pada tahun pertama bayi. perhatikan  jumlah ASI atau susu formula yang diperlukan bayi setelah mulai makan makanan padat.

Bagaimana mengenalkan makanan baru kepada bayi?

Perkenalkan makanan padat lainnya satu per satu secara bertahap, berikan jarak sedikitnya tiga hari setelah tiap makanan baru. dengan demikian Anda mempunyai waktu seandainya bayi Anda mengalami reaksi alergi pada salah satu makanan barunya (gejala yang timbul mungkin diare, muntah, wajah bengkak, nafas berbunyi atau ruam). Bila bayi Anda memiliki riwayat alergi dalam keluarga atau bayi mengalami eaksi alergi dalam proses ini, beri waktu selama semingggu sebelum mengenalkan makanan baru.

Bicarakan dengan dokter anak Anda makanan yang akan diperkenalkan ke bayi Anda dan kapan Anda akan memperkenalkannya. Dokter mungkin akan menyarankan agar Anda tidak memberikan makanan yang dapat menimbulkan alergi seperti kedelai, produk susu , telur, gandum, ikan dan kacang-kacangan.
Makanan padat yang Anda berikan seharusnya seperti ini:
  • Makanan yang dihaluskan atau makanan semi cair
  • Makanan yang disaring atau dilumatkan
  • Makanan berukuran kecil atau finger foods

Jika Anda memberikan cereal kepada bayi, campurkan beberapa sendok makan sayuran dan buah dalam cereal. Semua makanan harus dibuat sangat halus. Pada usia ini, bayi akan menekankan makanan ke langit-langit mulut dan kemudian menelannya.

Jika bayi menolak makanan tertentu, jangan memaksa.  Cobalah lagi lain kali. Bayi mungkin memang tidak menyukai makanan itu, atau bisa jadi ia berubah pikiran nantinya, dan menyukainya
Perubahan dari hanya ASI atau susu formula ke tambahan makanan padat  akan mengubah warna dan bau kotoran bayi. Hal ini normal. Jika kotoran bayi keras (cereal atau pisang dapat menyebabkan konstipasi), ganti dengan sayuran dan buah lain. Berikan air minum dengan sippy cup untuk mencegah konstipasi.

Berapa kali dalam sehari bayi harus diberi makanan padat?

Pada awalnya berikan satu kali saja makanan padat dalam sehari. Pada usia 6-7 bulan, dua kali makan adalah normal. Pada usia 8 bulan, bayi perlu makan 3 kali sehari. Makanan untuk bayi 8 bulan umumnya merupakan kombinasi dari:

ASI atau susu formula
  • Cereal yang mengandung zat besi
  • Sayur berwarna kuning, jingga dan hijau
  • Buah-buahan
  • Sejumlah kecil protein misalnya daging unggas, tahu dan daging


Makanan di bawah ini sebaiknya dihindari
Madu sebaiknya tidak diberikan kepada bayi karena dapat menimbulkan keracunan makanan pada anak di bawah usia 1 tahun. Bayi juga sebaiknya tidak minum susu sapi atau susu kedelai sebelum berusia 1 tahun.


Sumber: http://www.plumorganics.com/resource_center/baby-ready-solids

Apakah Kamu Melihat Kucing?

Apakah kamu melihat kucing pada gambar ini?




Sumber: gpuzzles.com

Olah raga Menurunkan Depresi

Depresi memperlambat kemampuan otak untuk memproses informasi, membuat  kita sulit berkonsentrasi dan membuat keputusan, dam menyebabkan masalah memori.  Pada depresi serius,  dokter mungkin memberikan resep obat anti depresi. Pada kasus ringan, olah raga dapat membantu mengangkat mood Anda. Olah raga meningkatkan produksi serotonin dan dopamine, zat kimia otak yang penting untuk mood yang ceria. Olah raga juga meningkatkan  zat kimia yang membuat kita merasa bahagia, endhorphin.

Berapa Kue yang Tersisa?

Sebuah kue dipotong menjadi 35 potong.
Hari makan 8 potong, Jeki makan 6 potong,  David makan 5 potong
dan Merry makan 9 potong.

Berapa kue yang tersisa?
a.    2/5        b. 1/3          c. 1/5        d. 2/7

Kisah Penghembara dan Monyet


Dahulu kala, ketika taman Eden masih ada di dunia, seorang pengembara menemukan taman yang indah itu dan masuk ke taman itu. “Taman ini indah sekali. Begiru banyak buah-buahan ada di sini. Aku tinggal makan saja, tidak perlu bekerja untuk mendapatkan makanan.  Aku mau tinggal di sini.”
Ia naik ke atas sebatang pohon besar dan berbaring.   Tak lama kemudian ia terlelap. Begitu pulas ia tidur sehingga tidak sadar bahwa ia berada di atads pohon. Ketika ia berbalik, ia jatuh ke dalam danau.

Seekor monyet yang tinggal di taman itu melihat orang itu jatuh ke danau. Ia berusaha menolongnya. Segala cara ia lakukan, tapi ia tidak dapat mengeluarkan orang itu dari danau. Akhirnya monyet itu berkata,”Aku terlalu  kecil dan lemah. Aku tidak dapat membantumu ke luar dari danau. Tapi bila aku menjadi besar dan kuat, aku pasti bisa membantumu.”

Monyet itu berlatih dengan mengangkat batu-batu kecil  dan tiap hari ia menjadi makin kuat dan tubuhnya menjadi lebih besar. Ia mulai berlatih dengan batu-batu yang lebih besar dan makin besar lagi. Akhirnya pada suatu hari  ia mampu sebuah mengangkat batu yang besar dengan mudah. “Aku sudah cukup kuat membantu orang itu. “ Monyet itu pergi ke danau dan membantu orang yang tenggelam itu ke luar dari danau.

Setelah diselamatkan, orang itu merasa tidak sehat. Monyet yang baik hati  itu mengusulkan agar orang itu berlatih dengan batu. Orang itu melempark-lemaparkan batu hingga ia merasa tubuhnya hangat. Ia merasa lebih sehat tapi lelah. Ia memutuskan untuk tidur.  Kali ini ia akan tidur di tanah.

Pengembara  itu tidur, tapi tidak pulas. Sebentar sebentar ia terbangun karena mendengar suara celotehan kelompok monyet yang mengobrol dan bercanda.
“Tempat ini sangat indah,” katanya dalam hati. “Seandainya tidak ada monyet-monyet berisik itu...Andai semua monyet itu mati, aku akan pulang dan kemudian membawa seluruh keluargaku tinggal di sini. Pasti kami akan bahagia, bahkan tidak perlu bekerja lagi.” Orang itu tidak ingat bahwa tanpa pertolongan monyet, ia mungkin masih terperangkap di danau.]

Malam tiba. Para monyet tidur di atas pohon. Orang itu menggoncang-goncangkan semua pohon di taman  itu sehingga semua monyet terjatuh dan mati

Pengembara  itu puas sekali. Sekarang taman itu miliknya sendiri. Esok harinya ia pulang ke rumahnya untuk menjemput keluarganya dan membawa mereka ke taman itu.


Pengembara itu dalam perjalanan pulang. Dewa monyet yang melindungi semua monyet, tahu bahwa pengembara itu telah berbuat jahat kepada para monyet, padahal monyet itu telah menolongnya. Dewa monyet itu merubah dirinya menjadi ular yang sangat besar. Ular itu menemui orang itu di jalan  dan menelannya.