Apakah Kamu Melihat Kucing?

Dapatkah kamu melihat kucing dalam gambar ini?



Ada Beraps Hewan?


Ada berapa hewan dalam gambar ini?



Mengapa Terjadi Hujan?

Mengapa Hujan?
Ketika hujan, apakah karena seseorang membuka selang air raksasa di langit? Apakah hujan terjadi ketika awan merasa sedih dan mulai menangis?  Atau mungkin hujan terjadi karena matahari, bulan dan bintang ingin mandi?

Hujan datang dari awan, yang merupakan banyaaak sekali tetesan air kecil yang saling berpegangan satu sama lain. Hujan terbentuk karena tetes-tetes air kecil yang membentuk awan menjadi berat, terutama bila tetes-tetes air kecil itu saling bertabrakan dan menjadi tetesan yang lebih besar (satu tetes air hujan terdiri dari jutaan tetes air kecil). Ketika tetesan air di awan menjadi cukup berat, gravitasi akan menariknya ke bawah dan tetesan itu akan jatuh ke tanah berupa hujan.

Setelah air hujan dari awan jatuh ke tanah dan matahari kembali muncul, air yang jatuh menguap ke udara, sehingga terbentuk lebih banyak dan akhrinya lebih banyak hujan.
Alasan yang sangat penting mengapa terjadi hujan adalah karena hujan sangat bermanfaat untuk hal-hal yang beraneka di bumi seperti hewan minum air hujan, tumbuhan menyerap air hujan dan menggunakannya untuk tumbuh dan membuat bahan makanan dan kamu yang menggunakan air untuk berenang, minum, mandi dan lain-lain.


Sumber: whyzz.com

Dua Pengembara dan Beruang

Dua pria melakukan perjalanan bersama. Tiba-tiba mereka bertemu dengan seekor  beruang.

Satu dari mereka cepat-cepat memanjat pohon dan bersembunyi di antara cabang-cabang pohon. Seorang lagi, yang merasa ia akan diserang, berbaring di tanah. Ketika si beruang menyentuh tubuh orang itu dengan cakarnya dan membaui seluruh tubuhnya, orang itu menahan napasnya dan berpura-pura mati. Beruang itu segera meninggalkanya sambil mengatakan bahwa tidak mau manyentuh orang mati. 

Ketika beruang sudah pergi, orang yang memanjat pohon turun ke tanah, dan bertanya kepada temannya apa yang dikatakan beruang kepadanya. “Beruang itu memberiku nasihat,” kata temannya, “Jangan pernah melakukan perjalanan dengan teman yang meninggalkanmu ketika bahaya mendekatimu.”

Moral: Ketidak beruntungan akan menguji ketulusan teman Anda


Ada Berapa Segitiga?

Ada berapa segitiga pada gambar ini?



Gelindingkan!

Aktivitas ini Cocok untuk anak usia 1 - 2 tahun

Apa yang diperlukan;
Benda yang  rata dan cukup panjang seperti papan, nampan, karton tebal yang kukuh, atau buku besar. Letakkan bantal atau setumpuk buku sebagai pengganjal sehinga papan seperti seluncuran.


Pembelajaran; 
Aturan, berbagi, bekerja sama, bahasa

Yang harus Anda lakukan:
  • Mulai mengelindingkan benda dan kemudian minta anak melakukannya.
  • Gelindingkan bola, dan benda lain, misalnya benda yang bagian bawahnya ada karet sehingga menempel pada seluncuran atau benda yang bagian bawahnya rata
  • Bicarakan tentang warna dan tekstur benda yang digelindingkan
  • Bersoraklah ketika anak meluncurkan benda yang menggelinding dengan mudah untuk meningkatkan harga dirinya

Berapa Umurnya?

Ibu Rosita berkata, "Ketika umur saya 6 tahun, adik saya Anita setengzh umur saya.
Sekarang saya berumur 45 tahun, berapa umur Anita?"

Apa Penyebab Stres Pada Anak-Anak?


Stres adalah reaksi tubuh secara fisik, kimiawi dan emosional  terhadap situasi yang : luar  biasa, membingungkan atau menggairahkan.  Walaupun kehidupan anak-anak tampak begitu sederhana, anak dari segala xciting situation. usia dapat mengalami stres. Tetapi tidak semua  stres berdampak buruk.    Stres normatif,  yang terjadi pada saat transisi sepanjang masa perkembangan anak seperti  belajar berjalan, masuk sekolah dan berkenalan dengan teman baru sebetulnya adalah bentuk produktif dari kecemasan karena membantu anak berkembang dan menjadi lebih mandiri.
Sebaliknya, stres karena perubahan hidup biasanya lebih membingungkan dan mengecewakan untuk anak. Kejadian atau situasi yang dapat memicu stres karena perubahan hidup misalnya;
  • Perceraian. Ketika orang tua bertengkar terus menerus atau berpisah,  rasa aman anak terancam, anak merasa sendirian dan ketakutan.
  • Pindah. Pergi ke rumah, lingkungan, sekolah, kelompok teman yang baru dapat manyebabkan anak merasa tidak aman dan bingung
  • Kematian. Kematian anggota keluarga yang dekat, teman, atau hewan kesayangan sering membingungkan dan rasa duka yang ditimbulkannya terasa sangat menyakitkan. Anak mungkin merasa ditinggalkan atau bila anak merasa menjadi sebab  kematian itu maka ia akan merasa bersalah. Selain itu, kematian yang terjadi  secara acak, misalnya karena kecelakaan mobil dapat menyebabkan anak gelisah dan ketakutan.
  • Jadwal yang terlalu padat. Dari kegiotan sekolah ke latihan atletik kemudian les musik tanpa waktu untuk bersantai dapat menyebabkan kecemasan pada anak yang tidak mampu menghadapi jadwal yang terlalu padat.
  • Tekanan dari teman sebaya. Anak usia pra sekolah dapat terpengaruh oleh bagaimana cara anak-anak lain berpikir dan bertindak. Tidak ingin berbeda  dengan anak-anak lain dapat membuat anak menjadi cemas dan gelisah.
  •  


Sumber: parents.com

Kebo Iwa

Dahulu kala, sepasang suami istri hidup di  Bali. Mereka sudah lama menikah tapi belum juga dikarunial anak.Tak henti- hentinya mereka berdoa kepada Tuhan agar diberi keturunan. 

Doa mereka akhirnya dikabulkan. Sang isteri mengandung dan melahirkan seorang bayi laki-laki. Suami isteri itu sangat bahagia. Tapi  bayi mereka tidak seperti bayi pada umumnya. Ia makan dan minum lebih banyak dari bayi lainnya.  Makin besar ia makan dan minum makin banyak.  Ketika ia menhginjak usia remaja tubuhnys sebesar kerbau. Orang-orang memanggilnya Kebo Iwa.

Karena kebiasaaan makannya, Kebo iwa menghabiskan banyak uang untuk membeli makanan. Orang tuanya tidak mampu lagi menyadiakan makanan untuknya. Akhirnya mereka minta bantuan dari warga desa.

Warga desa kemudian bergotong royong memasak untuk Kebo  Iwa dan membangun rumah  yang besar untuknya. Tubuh kebo Iwa seperti raksasa sehingga tidak dapat lagi tinggal di rumah orang tuanya.

Lama kelmaan warga desa kewalahan menyediakan makanan untuk Kebo Iwa. Mereka akhirnya hanya menyediakan bahan mskanan dan meminta pemuda itu  memasak sendiri makanannya.

Kebo Iwa setuju dan sebagai ucapan terima kasihnya. Ia mambangun bendungan dan menggali sumur. Ia juga melindungi desa dari binatang buas.

Sementara itu tentara Majapahit merencanakan untuk menyerang Bali. Mereka tahu tentang  Kebo Iwa. Mereka juga tahu bahwa mereka tidak dapat mengalahkan Bali dengan Kebo Iwa ada di sana.
Ia terlalu kuat.

Maha Patiih Gajah Mada yang memimpin Majapahit membuat rencana. Tentatra Majapahit meminta Kebo Iwa pergi ke Majapahit untuk menggali sumur karena saat itu musim kering panjang. Kebo iwa tanpa prasangka pergi ke Majapahit.

Ketika Kebo Iwa sedang sibuk menggali sumur yang besar, tentara Majapahit menutup lubang sumur dengan tanah, sehingga Kebo Iwa tertimbun. Ia mengalami kesulitan bernapas sehingga ia tewas dalam sumur yang dikerjakannya.

Setelah Kebo Iwa meninggal, Bali dikalahkan oleh Majapahit. Hingga sekarang Kebo Iwa dikenang karena jasanya untuk Bali dan Majapahit.



Acak-AcaK Kata

Berikut ini beberapa nama alat rumah tangga tapi penulisannya tidak benar.
Tahukah kamu nama benda yang benar? -
- IPACN
- OTKE
- KALUI
- BEMRE
- NGIRIP 
- ROKMOP
- DENKOS

Tips Membantu Anak TK Dengan Matematika


Menghitung dapat menjadi aktivitas yang meyenangkan. Nyanyikan lagu anak tentang menghitung seperti “Satu Ditambah Satu” atau “Anak Ayam”. Cari buku berhitung di toko buku atau perpustakaan. Ada banyak permainan menghitung seperti Ular Tangga, kartu Domino,
Permainan komputer dan gadget lain. Ada banyak permainan di komputer dan telepon pintar yang dapat digunakan oleh anak-anak untuk belajar matematika sambil bermain. Ada juga banyak situs internet yang menyediakan game matemetika dapat Anda gunakan. Pilihlah permainan yang sesuai dengan anak Anda.
Menghitung lompat. Ketika anak sudah mahir  menghitung satu per satu, perkenalkan menghitung lompat misalnya lompat 2 atau 3.
Gunakan perlengkapan rumah tangga sebagai alat hitung. Ajak anak berlatih penambahan dan pengurangan menggunakan benda-benda di sekitar Anda, seperti sendok, mangkuk dsb. Bila anak sudah mahir dengan penambahan dan pengurangan cobalah mengajarkan perkalian sederhana.
Manfaatkan rasa ingin tahu anak. Berburu angka dan menemukan tempat-tempat dimana ada angka seperti jam dinding, televisi, kalendar, telepon dsb.
Gunakan aktivitas sehari-hari. Misalnya “Keluarga kita terdiri atas empat orang. Berapa piring yang kita gunakan untuk makan malam di meja makan?”
Dapur sebagai zona matematika. Buatlah beberapa kue atau kue kering, minta anak Anda menghitund bahan kue. Aktivitas ini adalah waktu bersama kelaurga yang menyenangkan. Berikan kue yang baru masak sebagai hadiah. Sediakan hiasan lemari es bermagnet untuk digunakan untuk membuat pola dan mengerjakan  soal  matematika sederhana.
Berbicara tentang waktu. Konsep waktu kadang sulit dimengerti anak-anak. Bicarakan dengan anak tentang menit dan jam. Coba ajak mereka menghitung hari dan minggu misalnya berapa kali kita tidur sebelum akhir minggu.
Mengenali bentuk geometris dan ukuran. Coba bermain “Aku lihat ...” Carilah warna, bentuk dan angka di seluruh ruangan.
               
Sumber: https://www.edu.gov.on.ca/abc123/eng/tips/mathkto3.html


Mengapa Kucing Selalu Mengejar Tikus?


Raja Ansa adalah raja Calabar yang memerintah selama lima puiuh tahun. Ia mempunyai seekor kucing yang setia sebagai penjaga gudang dan seekor tikus sebagai pembantunya.

Tikus itu jatuh cinta kepada seorang gadis pelayan raja. Ia tidak dapat memberi hadiah kepada gadis itu karena ia miskin dan tidak mempunyai uang. Pada suatu hari ia  membuat lubang pada atap  gudang sehingga ia dapat masuk. Tikus itu mencuri jagung dan buah-buahan dan memberikannya  kepada kekasihnya.

Pada akhir bulan itu, ketika kucing melaporkan catatannya kepada raja, diketahui bahwa cukup banyak jagung dan buah-buahan yang hilang dari gudang. Raja sangat marah dan minta si kucing nenjelaskan. Tapi kucing tidak tahu bagaimana persediaan itu bisa hilang, hingga salah satu temannya berkata bahwa tikuslah yang mencuri di gudang dan memberikan barang curiannya kepada kekasihnya.

Ketika kucing melaporkan kejadian itu kepada raja, raja  memanggil gadis pelayan itu dan memerintahkan hukuman cambuk untuknya. Sementara itu raja menyerahkan tikus kepada kucing untuk dihukum dan ia memecat kucing dan tikus.  Kucing sangat marah kepada tikus sehingga ia langsung menerkam dan membunuh tikus. Sejak saat itu kucing selalu mengejar tikus dan berusaha membunuhnya.



Permainan Angka Sudoku

Masukkan angka 1-6 ke dalam kotak. tiap baris, kolom dan kotak 3 x 2 harus berisi angka 1-6.

Bercerita Tanpa Buku Cerita



Membacakan cerita untuk anak meningkatkan banyak bidang penting dalam perkembangan anak usia dini misalnya pengenalan kata-kata baru, repetisi, memori, pengucapan kata dan yang paling penting, menciptakan kelekatan khusus antara Anda dan anak.

Anda mungkin tidak dapat menemukan buku cerita yang sesuai, tetapi sebetulnya Anda tidak harus menggunakan sebuah buku secara fisik. Anda dapat mengarang sendiri cerita Anda dan meceritakaannya kepada anak Anda.

Bagaimana Anda dapat  menciptakan sebuah cerita? Anda tentu masih ingat mengarang cerita pada masa sekolah dulu.  Ciptakan sebuah tokoh, seorang anak laki-laki atau perempuan,  atau seorang dewasa atau seekor hewan. Kemudian pikirkan alur cerita, di mana cerita terjadi? Apa yang dialami tokoh Anda? Bagaimana perasaannya? Mengapa hal ini terjadi? Apakah cerita Anda mengandung moral atau pengajaran? Banyak hal yang dapat Anda masukkan ke cerita Anda. Buatlah catatan-catatan yang akan membantu Anda .
Sekarang Anda dapat mencoba bercerita dangan kata-kata sendiri. Jangan menghafal cerita, tapi ingatlah beberapa hal penting dalam cerita itu sebagai panduan.   Ceritakan cerita Anda sealami mungkin.  Anda dapat berlatih di depan cermin untuk melihat di mana Anda dapat menambahkan emosi, misalnya tawa, kesedihan, kemarahan dsb.  Gunakan nada suara sebagai alat untuk membedakan suasana, emosi atau membedakan tokoh. Misalnya suara lembut dan terbata-bata untuk menggambarkan tokoh yang sedang ketakutan, suara yang keras ketika tokoh sedang marah dsb. Gunakan imajinasi Anda. Anda dapat menggunakan boneka atau alat lain untuk menghidupkan cerita Anda.

Pada kesempatan pertama, wajar bila Anda kurang lancar bercerita. Tapi kesempatan berikutnya akan lebih mudah bagi Anda. Makin sering Anda bercerita dan mengarang cerita Anda akan menjadi lebih mahir. Bila Anda mengalami kesulitan, biarkan anak-anak ikut berpartisipasi dalam permainans menebak secara interaktif. Bukan saja aksn menciptakan cara bercerita yang unik tapi anak-anak akan manyukainya.