Brokoli, si Hijau Kaya Manfaat


Hai, namaku brokoli. Aku masih sekeluarga dengan kol . Warnaku dari hijau hingga keunguan.

Kamu suka makan sayuran, kan? Bila kamu tidak terlalu suka sayuran dan buah-buahan, mulai belajar membiasakan makan sayuran dan buah-buahan, ya.  Buah-buahan dan sayuran kaya zat gizi yang dapat membantumu tumbuh sehat dan kuat.

Mungkin kamu belum tahu, apa sih istimewanya brokoli? Yuk, baca terus, akan kuceritakan tentang diriku.

Aku dan keluargaku berasal dari Italia. Orang-orang sudah menikmati makan brokoli sejak kira-kira 2600 tahun yang lalu.

Namaku berasal dari kata brocco yang artinya cabang. Aku memang  bercabang-cabang.
Aku sangat lezat disajikan setelah dikukus atau dimasak bersama sayuran dan bahan-bahan lain. Ada juga orang yang suka memakanku tanpa dimasak!  Bahkan katanya, makan brokoli mentah manfaatnya lebih besar dari pada bila dimasak lebih dahulu.

Aku banyak mengandung vitamin C. Vitamin C adalah zat yang melindungi kesehatan tubuh, kesehatan mata. Vitamin C juga dapat membantu mencegah penyakit jantung, kanker, dan stroke. Bila kamu makan semangkuk brokoli, kebutuhanmu akan vitamin C untuk hari itu sudah tercukupi.

Aku juga punya banyak vitamin A, yang membantu melawan kanker, dan juga membantu menjaga kesehatan mata, menjaga kekuatan tulang dan gigi serta kesehatan kulit.

Brokoli mengandung banyak serat. Kamu membutuhkan serat yang larut dalam air dan serat yang tidak larut. Aku punya keduanya, lho! Kandungan seratku juga cukup tinggi.

Brokoli juga mengandung suatu zat bernama Flovonoid Kaempferol. Zat ini zat anti radang yang membantu melawan kanker dan penyakit jantung, dan  membantu mencegah timbulnya penyakit diabetes.

Brokoli punya potasium yang membantu menjaga kesehatan saraf dan fungsi otak serta mendorong pertumbuhan otot. Bersama dengan potasium, brokoli juga mengandung agnesium dan kalsium yang mengatur tekanan darah.

Kalsium dan vitamin K yang penting untuk kesehatan tulang dan mencegah keropos tulang juga ada dalam brokoli.

Aku punya banyak beta-karoten yang dapat membantu menjaga kekebalan tubuhmu sehingga tidak mudah sakit. Aku juga mengandung zat-zat lain yang ikut membantu menjaga kekebalan tubuh.

Banyak manfaatku, baik untuk anak-anak dan orang dewasa. Ayo makan sayuran dan buah-buahan tiap hari!



Sumber: 
http://www.healthdiaries.com/eatthis/10-health-benefits-of-broccoli.html
http://www.freshforkids.com.au/veg_pages/broccoli/broccoli.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar