Patih Gajah Mada


Dahulu, di Jawa Timur, ada sebuah kerajaan yang bernama Majapahit. Majapahit dikelilingi banyak kerajaan lain. Daerah itu disebut Nusantara.

Gajah Mada adalah seorang kepala prajurit di Majapahit. Ia berjasa menyelamatkan Raden Jayanegara dan menghentikan pemberontakan Ra Kuti. Gajah Mada juga berhasil menghentikan beberapa pemberontakan lain.

Gajah Mada kemudian diangkat menjadi patih Majapahit. Patih adalah wakil raja. Sesudah menjadi patih, Gajah Mada mengucapkan sumpah. Ia berjanji tidak akan makan buah palapa sebelum dapat menyatukan Nusantara.

Sumpah itu bukan hanya Gajah Mada tidak akan memakan buah palapa, namun artinya adalah Gajah Mada tidak akan bersenang-senang sebelum dapat menyatukan Nusantara. Banyak orang yang tidak percaya Gajah Mada akan bisa membuktikan janjinya itu.

Dengan kerja keras Patih Gajah Mada berhasil menyatukan Nusantara dengan menundukkan kerajaan-kerajaan di seluruh Nusantara. Wilayah kekuasaan Majapahit bahkan dari Singapura dan Brunei hingga ke Timor. Nusantara yang begitu luas sekarang menjadi  negara kita, Indonesia



Tidak ada komentar:

Posting Komentar