Akhir Minggu Yang Menyenangkan


Anda  berdua bekerja hingga sore hari. Kadang-kadang Anda harus pulang lebih malam karena benyak pekerjaan di kantor.

Karena dapat dikatakan bahwa waktu Anda bersama anak-anak hanya akhir minggu, Anda ingin memanfaatkan waktu yang sempit itu semaksimal mungkin. Misalnya hari Sabtu Anda ingin membeli baju dan sepatu untuk si kecil, sekaligus mengajak mereka berenang.  Hari Minggunya, Anda ingin mengajak anak-anak ke salon karena sudah waktunya rambut mereka dipotong. Masih ada waktu untuk mengajak anak-anak berkunjung ke rumah adik Anda, kemudian ke supermarket untuk berbelanja.

Orang tua bekerja sering merasa bersalah karena tidak mempunyai  banyak waktu bersama anak-anak. Tapi memaksakan diri melakukan banyak acara bersama anak-anak pada akhir minggu bukan jawaban yang tepat. Anak-anak menjadi kelelahan dan akibatnya rewel atau bahkan sakit. Akhir minggu Anda pun tidak berjalan dengan menyenangkan. Anda pun perlu menjaga agar Anda sendiri tidak kelelahan karena harus kembali bekerja pada hari Senin.

Buatlah jadwal yang longgar, sehingga anak-anak tidak kelelahan dan tujuan Anda berakhir minggu bersama anak-anak pun tercapai. Ajak anak hanya bila Anda harus melakukannya, misalnya membeli baju atau sepatu. Pilih waktu berbelanja yang santai. Mengajak anak membeli baju pada saat toko ramai pengunjung karena ada obral sebaiknya dihindari.

Meluangkan waktu bersama anak-anak tidak berarti harus bepergian sekeluarga. Anda dapat berbagi tugas dengan pasangan. Misalnya Bunda pergi berbelanja, anak-anak bersama Ayah di rumah.  Bunda bersama anak perempuan pergi ke salon, Ayah bermain sepak bola bersama sang jagoan. Anak-anak juga perlu melakukan kegiatan dengan salah satu orang tuanya saja.

Anda juga dapat meluangkan waktu bersama anak-anak di rumah saja. Ajak anak-anak berolah raga di sekitar rumah. Carilah kegiatan yang disukai anak-anak seperti bermain kartu, membaca bersama, atau menonton film keluarga. Bahkan mengajak anak-anak membantu membersihkan rumah atau menyiapkan makan malam pun dapat menjadi kegiatan keluarga yang menyenangkan.

Anda dapat membuat tiap akhir mingu Anda menyenangkan dan berkesan!  

Baca juga tips bagi orang tua sibuk untuk meluangkan waktu bersama anak Klik di sini


Tidak ada komentar:

Posting Komentar