Belajar Bertanggung Jawab


Cara terbaik bagi anak untuk belajar membuat keputusan yang baik adalah membuat kesalahan-kesalahan kecil, mengalami konsekuensi yang diakibatkan kesalahan itu dan melihat orang dewasa di sekitarmu tetap mencintaimu walaupun kau membuat kekacauan.
Sayangnya, kebanyakan orang tua tidak memberikan kesempatan itu. mereka memastikan anak-anak mereka tidak melakukan kesalahan, membebaskan anak-anak dari konsekuensi dari kesalahan mereka, atau justeru menimbulkan kebencian dengan menunjukkan kemarahan atau penolakan. Berikut  ini tips untuk mencegah hal itu
  • Beri anak-anak Anda cukup kesempatan untuk membuat keputusan tentang hal-hal kecil. Misalnya memberi sedikit uang saku, yang memberi kesempatan untuk memilih apakah mereka ingat untuk membawa bekal ke sekolah.
  • Berharaplah mereka membuat keputusan yang buruk.  Anak-anak belajar membuat keputusan yang baik dengan membuat keputusan yang buruk dan merasakan konsekuensinya.
  • Gunakan emphati dan konsekuensi logis untuk pengajaran. Empathi adalah kuncinya. Dengan merasa sedih untuk anak-anak daripada marah  kepada mereka, anak-anak dibiarkan fokus pada pilihan mereka yang buruk daripada kemarahan kita.
  • Berikan anak-anak kesempatan membuat keputusan lagi. Ini memberikan pesan yang kuat: “Kita percaya kita akan mendapatkan akibat dari keputusan yang buruk.”


Sumber: https://www.loveandlogic.com


1 komentar:

  1. Your Affiliate Money Printing Machine is ready -

    And making profit with it is as easy as 1..2..3!

    Here's how it works...

    STEP 1. Tell the system which affiliate products the system will promote
    STEP 2. Add PUSH BUTTON traffic (it LITERALLY takes 2 minutes)
    STEP 3. See how the system grow your list and sell your affiliate products all on it's own!

    So, do you want to start making profits??

    Click here to start running the system

    BalasHapus