Panci Ajaib


Tuan Haktak menemukan sebuah panci tembaga besar ketika menggali di kebunnya. Ia membawa panci itu pulang dan menunjukkannya kepada isterinya. Mereka gembira dengan penemuan panci itu karena mereka sangat miskin dan tidak punya barang berharga.

Sebelum membawa panci itu pulang, tuan Haktak memasukkan dompetnya ke dalam panci agar tidak jatuh di jalan. Dompet itu berisi 5 koin emas.

Di rumah, nyonya Haktak melongok ke dalam panci dan jepit rambutnya jatuh ke dalam panci. Ketika ia meraih jepit rambutnya, ternyata ia menemukan 2 jepit rambut dan 2 buah dompet suaminya masing-masing berisi 5 koin emas.

Suami isteri itu lalu memasukkan berbagai benda ke dalam panci dan mendapatkannya kembali 2 kali lipat. 

Pada suatu hari nyonya Haktak tak sengaja jatuh ke dalam panci. Tuan Haktak menariknya keluar dari panci dan menemukan satu lagi nyonya Haktak di dalam panci.


Tuan Haktak terkejut sekali hingga jatuh ke dalam panci. Sekarang ada dua pasang tuan dan nyonya Haktak. Mereka pun membangun sebuah rumah yang serupa dengan rumah mereka berdampingan dengan rumah lama mereka untuk tuan dan nyonya Haktak yang baru.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar