Wolfgang Amadeus Mozart (1756-1791)



Mozart sudah menjadi bintang sejak masih kecil. Ia telah pandai bermain piano dan biola sebelum berumur lima tahun. Pada usia lima tahun ia sudah menciptakan komposisi musik  Ketika berusia dua belas tahun ia menciptakan komposisi musik untuk sebuah opera.

Mozart dilahirkan di Austria pada tanggal 27 Januari 1756. Nama lengkapnya Johannes Chrysostomus Wolfgangus Theophilus Mozart. Seteleh dewasa ia mengganti namanya menjadi Wolfgang Amadeus Mozart.

Ketika usianya tiga tahun, Mozart suka melihat ayahnya melatih kakaknya Nannerl yang saat itu berusia tujuh tahun bermain piano. Menginjak usia empat tahun ayahnya mulai mengajari Mozart bermain piano. Ayahnya guru yang baik, namun kemajuan Mozart jauh melebihi apa yang diajarkan ayahnya. Pada usia lima tahun Mozart sudah mencipta lima buah komposisi musik. Ia memainkannya pada piano dan ayahnya menulisnya.

Mozart berkeliling dan tampil di seluruh Eropa. Karena melakukan perjalanan terus menerus Mozart belajar berbagai bahasa asing dan mampu berbicara dalam lebih dari lima belas bahasa.

Ketika berusia dua puluhan, Mozart sudah terkenal sebagai pemain piano dan pancipta musik yang hebat. Salah satu karya Mozart yang terkenal adalah komposisi yang dikenal sebagai “Twinkle, Twinkle Little Star.”
Sayang sekali kesehatan Mozart memburuk pada tahun 1791. Ia meninggal pada tanggal 5 Desember 1791 karena gagal ginjal. Usianya baru 35 tahun. Ia meninggalkan lebih dari 600 karya musik.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar