Kisah Raja dan Kucing Siam


Berabad-abad yang lalu berdiri kerajaan Annam. Rajanya sangat kejam.. Rakyat tidak suka perilaku raja yang sewenang-wenang, namun mereka hanya bisa berdiam diri karena takut dihukum.

Penasihat raja yang kurang setuju dengan cara sang raja memimpin negara, diam-diam menyusun rencana untuk memberi pelajaran kepada raja.

Raja memiliki seekor kucing Siam. Begitu sayangnya raja kepada kucing itu hingga ia memerintahkan untuk membangun rumah kucing dari emas. Kucing itu hidup mewah, Ia makan santapan yang sama dengan raja, sedangkan banyak rakyat kekurangan dan mati kelaparan. Kucing itu tidur beralaskan bantal sutera yang indah, sementara banyak rakyat tidak memiliki rumah dan bergelandangan di jalan-jalan. Bahkan kucing itu didampingi dua pelayan yang tugasnya khusus melayani kebutuhannya.

Penasihat raja masuk ke istana dan mencuri kucing itu. Ia membawa kucing itu  pulang dan mulai melatihnya makan makanan sederhana yang sama dengan rakyat kerajaan Annam. Pada awalnya kucing tidak mau makan, namun setelah beberapa hari ia terpaksa makan karena kelaparan. Tiap hari penasihat memberikan makanan yang sama sehingga kucing itu terbiasa. Lambat laun ia juga menjadi suka tidur di lantai.

Ketika raja tahu kucingnya hilang, ia memerintahkan untuk mencari kucing itu ke seluruh negeri. Karena kucing jenis itu hanya satu-satunya di kerajaan Annam, kucing itu segera ditemukan di rumah penasihat. Penasihat dibawa menghadap raja.  Penasihat menyangkal telah mencuri kucing itu. Ia mengatakan bahwa kucing itu miliknya, bukan milik raja.

Untuk membuktikannya, ia meminta disediakan dua mangkuk, satu berisi makanan yang biasa dimakan raja dan satu lagi berisi makanan sederhana. Tanpa ragu kucing itu makan dari mangkuk berisi makanan sederhana.  Bahkan ketika dipaksa ia tak mau makan santapan raja yang mewah itu. Penasihat kemudian meminta dibawakan bantal sutera kesayangan kucing raja. Kucing itu memilih tidur di lantai.

Walaupun penjelasan penasihat sangat kuat, raja tetap memenjarakannya. Namun kisah kucing Siam telah menyebar ke seluruh pelosok negeri. Rakyat yang marah melakukan pemberontakan dan menggulingkan kekuasaan sang raja.


Gambar http://images.clipartof.com/small/1115925-Clipart-Happy-Siamese-Cat-Walking-Royalty-Free-Vector-Illustration.jpg

Tidak ada komentar:

Posting Komentar