Permainan Tebak Kata Anak Ayam



Permainan tebak kata anak ayam  ini mudah sekali, dapat dimainkan oleh 2 orang. Alat yang dibutuhkan hanya kertas dan pensil.  

Cara bermain:
1.   Tentukan siapa yang akan bertanya dan menebak.
2.   Penanya menulis sebuah kata di atas kertas dan penebak tidak boleh melihatnya. Setelah   itu penanya menyebutkan jenis kata tersebut misalnya nama kota, nama buah dan berapa jumlah hurufnya.
3.   Penebak membuat garis-garis kecil di bagian bawah kertasnya sesuai dengan jumlah huruf dari kata yang ditanyakan.
     Misalnya  _ _ _ _ _  untuk pertanyaan “GAJAH”
4.   Penebak mulai menyebutkan huruf pertama, bila benar, ia boleh menuliskan huruf pada tempat yang sudah tersedia. Bila salah ia mulai menggambar anak ayam yaitu kepala anak ayam.
5.   Untuk huruf-huruf berikutnya, bila salah, penebak menggambar bagian anak gambar yang lain. Tahapan menggambar sebagai berikut:


6.   Bila penebak terus menerus salah, maka gambar anak ayamnya akan terlengkapi dan ia kalah. Tetapi bila penebak dapat menebak dengan benar huruf-huruf dari pertanyaan sebelum gambar anak ayamnya lengkap, penanyalah yang kalah.
7.   Bila permainan sudah selesai dan satu pemain  kalah, pertanyaan harus ditunjukkan.
8.   Permainan dilanjutkan dengan bergantian menjadi penebak dan penanya.



Manfaat Permainan Tebak Kata Anak Ayam
Permainan anak ayam ini diadaptasi dari permainan Hangman.  Permainan Hangman dimainkan dengan peraturan yang sama tetapi menggunakan gambar tiang gantungan. Anda dapat menciptakan permainan dengan gambar yang lain. Gunakan gambar sederhana yang dapat digambar oleh anak-anak dengan mudah dengan 8 – 10 tahapan untuk menyelesaikannya.

Permainan ini dapat dimainkan di mana saja, di ruang tunggu dokter, pada saat anak tidak dapat bermain di luar karena turun hujan, pada waktu istrahat di sekolah, bahkan dalam perjalanan.

Permainan ini bukan hanya untuk mengisi waktu luang dan menghilangkan kebosanan, namun juga memiliki manfaat bagi anak-anak.
Manfaat permainan ini antara lain:
-     Meningkatkan kemampuan mengeja
Permainan tebak huruf dan kata anak ayam melatih kemampuan mengeja dan mengenal kata. Mengeja merupakan dasar kemampuan berbahasa. Belajar mengeja dengan permainan menyenangkan bagi anak-anak dan meningkatkan daya ingat anak akan huruf-huruf dan susunan huruf dalam kata. Untuk anak-anak yang baru bisa membaca dan menulis, permainan ini adalah sebuah cara kreatif untuk melatih anak menciptakan kata-kata yang mempunyai arti.

-     Melatih kosa kata
Permainan ini meningkatkan kosa kata anak-anak. Walaupun bila dihadapkan kata-kata yang belum dikenalnya mungkin anak akan kecewa karena tidak dapat menebak kata tersebut namun itu merupakan kesempatan untuk mengenal kata-kata baru. Dampingi anak-anak anda bermain dan selalu siap menjelaskan arti kata yang mereka tidak kenal. Mintalah penanya untuk menunjukkan kata yang ditulisnya dan mengoreksi kata tersebut bila salah ditulis.

-     Melatih kemampuan mengenal hubungan kata
     Bila anak-anak sudah terbiasa bermain, pertanyaan dapat ditingkatkan menjadi lebih sulit, misalnya terdiri dari 2 kata atau kata-kata yang lebih panjang dan rumit.
     Misalnya:
               PROKLAMASI
               TEMPAT TIDUR
               KAMAR MANDI
               NASI GORENG
     Pastikan pertanyaan yang terdiri dari 2 kata adalah kata-kata yang umum dan mempunyai hubungan. Mintalah penanya memberikan keterangan tambahan misalnya “pertanyaan terdiri dari dua kata, artinya makanan yang sering ibu masak untuk sarapan” atau “dua kata, untuk beristirahat di malam hari.”

-     Sesuaikan tingkat kesulitan permainan dengan kemampuan anak anda. Permainan yang terlalu sulit akan membuat anak cepat bosan dan tidak mendapat manfaat yang kita harapkan.


Tidak ada komentar:

Poskan Komentar