Si Imut Sugar Glider



Hewan apa yang kamu pelihara di rumah? Atau kamu belum punya hewan peliharaan tapi ingin sekali memilkinya? Sebelum memelihara hewan, kamu harus minta ijin kepada bunda dan ayah. Bila orang tua mengijinkan, tunjukkan bahwa kamu memang mampu memelihara hewan kesayangan di rumah.  Memiliki hewan peliharaan memerlukan tanggung jawab yang cukup besar lho. Kamu harus merawatnya dengan baik. Memberinya makanan, minuman, membersihkan kandangnya

Nah, sekarang orang tua kamu sudah memberi ijin. Hewan apa yang ingin kamu pelihara? Umumnya anak-anak suka memelihara anjing, kucing, kelinci, hamster dan yang sekarang sedang digemari, sugar glider.

Sugar glider sering juga disebut tupai rambutan atau tupai terbang. Padahal sebetulnya tupai terbang adalah sepupu sugar glider yang tubuhnya lebih besar. Sugar glider tidak dapat terbang. Pada sisi tubuhnya terdapat kulit yang melebar. Ia dapat melompat dari tempat yang tinggi dan mengembangkan kulit tersebut untuk meluncur, seolah-olah terbang.  



Sugar glider panjangnya 16-20 sentimeter dari hidung hingga ujung ekor. Jantannya bertubuh lebih besar dari betina, Mereka memiliki bulu lembut tebal, biasanya kelabu kebiruan, namun ada juga yang kuning, coklat atau albino.Ekornya panjang mengembang.  Ada garis hitam memanjang dari hidung hingga tengah tubuhnya. Pada sugar glider jantan ada beberapa tempat di kepala dan perut yang tidak berbulu.

Sugar glider termasuk marsupial atau hewan berkantung. Hewan marsupial lainnya misalnya kangguru. Kantung itu gunanya untuk menggendong anaknya. Lucunya, anak sugar glider dan kangguru begitu lahir langsung merangkak masuk ke kantung ibunya untuk menyusu. Anak sugar glider yang baru lahir ukurannya sangat kecil. Ia akan tinggal di kantung ibunya selama 60 hingga 70 hari.

Sugar glider dapat hidup hingga 12 tahun.  Ia suka melompat, meluncur dan memanjat. Hewan mungil ini dapat mengeluarkan banyak macam suara, misalnya suara gonggongan anjing kecil atau mendengkur seperti suara belalang. Biasanya ia mendengkur bila merasa terancam, jadi sebaiknya jangan ganggu sugar glidermu bila ia mendengkur.

 Makanan sugar glider terutama buah-buahan segar. Kamu dapat memberikan bubur bayi instan sebagai makanan selingan. Agar tidak mengundang semut atau serangga lain yang dapat membahayakan hewan kesayanganmu, kamu dapat menyuapinya. Gunakan sebatang lidi dan gulungkan sedikit bubur di ujungnya. Pastikan tidak ada sisa makanan di tubuhnya. Untuk minumnya, kamu dapat membeli botol minuman di toko hewan. Sering-seringlah mengganti air dalam botol dan botol harus selalu bersih.

Kandang yang baik untuk sugar glider adalah yang cukup luas dan tinggi sehingga ia dapat melompat dan meluncur. Letakkan dahan pohon seperti tempat bertengger burung di kandang. Letakkan serbuk gergaji di lantai kandang, dan sering diganti agar kandang tetap bersih dan tidak berbau.

Bila kandang tidak luas, kamu dapat mengeluarkannya dan membiarkannya bermain sejenak di luar kandang. Ini bisa kamu lakukan bila sugar glider sudah akrab denganmu.  Bila ia belum akrab denganmu, ia mungkin akan kabur.

Kamu dapat menggantungkan kaus kaki bekas tapi bersih di kandang, sugar glidermu akan masuk sendiri ke kaus kaki bila ingin tidur. Jangan heran bila ia lebih banyak tidur di siang hari karena ia termasuk hewan nocturnal, yang di alam bebas lebih suka mencari makanan di malam hari.
Sugar glider dapat cepat akrab dengan pemiliknya. Ajaklah bermain di siang hari, namun di tempat yang teduh atau di dalam rumah. Matanya sangat peka terhadap sinar matahari yang terlalu terang. Berikan makanan langsung dari tanganmu.  Sugar glider dapat mengenali bau tubuh pemiliknya. Letakkan baju atau kaus kaki bekasmu yang bersih di kandang agar ia lebih mengenalimu.

Nah, bagaimana? Sudah siap memelihara si imut sugar glider? 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar