Tips Membantu Anak TK Dengan Matematika


Menghitung dapat menjadi aktivitas yang meyenangkan. Nyanyikan lagu anak tentang menghitung seperti “Satu Ditambah Satu” atau “Anak Ayam”. Cari buku berhitung di toko buku atau perpustakaan. Ada banyak permainan menghitung seperti Ular Tangga, kartu Domino,
Permainan komputer dan gadget lain. Ada banyak permainan di komputer dan telepon pintar yang dapat digunakan oleh anak-anak untuk belajar matematika sambil bermain. Ada juga banyak situs internet yang menyediakan game matemetika dapat Anda gunakan. Pilihlah permainan yang sesuai dengan anak Anda.
Menghitung lompat. Ketika anak sudah mahir  menghitung satu per satu, perkenalkan menghitung lompat misalnya lompat 2 atau 3.
Gunakan perlengkapan rumah tangga sebagai alat hitung. Ajak anak berlatih penambahan dan pengurangan menggunakan benda-benda di sekitar Anda, seperti sendok, mangkuk dsb. Bila anak sudah mahir dengan penambahan dan pengurangan cobalah mengajarkan perkalian sederhana.
Manfaatkan rasa ingin tahu anak. Berburu angka dan menemukan tempat-tempat dimana ada angka seperti jam dinding, televisi, kalendar, telepon dsb.
Gunakan aktivitas sehari-hari. Misalnya “Keluarga kita terdiri atas empat orang. Berapa piring yang kita gunakan untuk makan malam di meja makan?”
Dapur sebagai zona matematika. Buatlah beberapa kue atau kue kering, minta anak Anda menghitund bahan kue. Aktivitas ini adalah waktu bersama kelaurga yang menyenangkan. Berikan kue yang baru masak sebagai hadiah. Sediakan hiasan lemari es bermagnet untuk digunakan untuk membuat pola dan mengerjakan  soal  matematika sederhana.
Berbicara tentang waktu. Konsep waktu kadang sulit dimengerti anak-anak. Bicarakan dengan anak tentang menit dan jam. Coba ajak mereka menghitung hari dan minggu misalnya berapa kali kita tidur sebelum akhir minggu.
Mengenali bentuk geometris dan ukuran. Coba bermain “Aku lihat ...” Carilah warna, bentuk dan angka di seluruh ruangan.
               
Sumber: https://www.edu.gov.on.ca/abc123/eng/tips/mathkto3.html


Tidak ada komentar:

Posting Komentar