Bagaimana Kaktus Dapat Hidup Tanpa Air?



Semua tumbuhan membutuhkan air untuk hidup, termasuk kaktus. Namun kaktus membutuhkan sangat sedikit air sehingga kita sering menganggap kaktus tidak membutuhkan air.

Tumbuhan kaktus berasal dari Amerika.  Kaktus termasuk jenis tumbuhan sukulen yang mampu bertahan hidup di tempat  yang panas atau kering. Tidak seperti tumbuhan lain, sebagian besar kaktus tidak mempunyai  daun. Daun kaktus telah berevolusi menjadi duri-duri. Tumbuhan kaktus terdiri dari batang dan cabang-cabang yang pada sebagian besar kaktus dilapisi lilin. Beberapa jenis kaktus mempunyai daun. Namun daunnya hanya sedikit dan cepat rontok.



Kaktus tidak membutuhkan air sebanyak tumbuhan lain karena kaktus tidak mempunyai  daun sehingga air yang mereka serap tidak menguap sebanyak tumbuhan lain. Cabang-cabang kaktus juga dapat menyimpan air dalam waktu lama. Di samping itu akarnya mampu mencari air  pada musim kering dan menyerapnya dengan baik.  

4 komentar:

  1. Apakah kaktus ini juga memproduksi oksigen/ mendaur ulang karbon dioksida ??? atau cuma sedikit sj krna tdk memiliki daun ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kami tidak tahu apakah kaktus dapat memproduksi oksigen/daur ulang karbondioksida. Kalau tidak salah semua tumbuhan mempunyai proses semacam itu. Tapi berbeda dengan tumbuhan lain, konon kaktus memproduksi oksigen pada malam hari,

      Hapus
  2. boleh terangakan lebuh lanjut macam mana nak jaga pokok kaktus..?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Maaf, kami tidak mempunyai informasi khusus mengenai merawat kaktus.
      Mungkin link di bawah ini dapat membantu.
      http://hiasanrumah.wordpress.com/2011/10/28/cara-mudah-merawat-tanaman-kaktus/
      http://tanaman.org/cara-merawat-kaktus-agar-cepat-berbunga_423.htm

      Hapus