George Washington (1722-1799)



George Washington adalah presiden pertama Amerika Serikat. Ia menjadi presiden selama dua kali masa jabatan.

George Washington lahir pada tanggal 22 Pebruari 1732 di Westmoreland County, Virginia. Ayahnya meninggal ketika George berusia sebelas tahun. George hanya sedikit mendapat pendidikan formal namun ia belajar menjadi tukang kayu yang hebat. Ia juga menjadi surveyor, yaitu orang yang menentukan batas tanah sesuai dengan akte tanah itu dan pembuat peta.

George banyak mendapat bimbingan dari kakak tirinya, Lawrence. Lawrence menjadi pengganti ayah sekaligus tokoh panutan bagi George.

Tinggi badan George lebih dari 180 cm, yang sangat jarang pada orang-orang di masa itu.     

George kemudian bergabung dengan militer Virginia. Ia dan enam orang lain melakukan perjalanan ke utara sejauh 500 mil ke tepi danau Erie untuk menyampaikan pesan kepada tentara Perancis untuk menghentikan usahanya merebut tanah yang dikuasai tentara Inggris. Perebutan tanah ini berkembang menjadi pertempuran dimana Geoge dan 160 orang tentara kalah dari tentara Perancis. Ini merupakan awal perang Perancis dan Indian. Tentara Inggris dan Kolonial berperang melawan tentara Perancis dan beberapa suku Indian.

Setelah melalui beberapa pertempuran, George menjadi kolonel dan memimpin tentara Virginia. Tentara Inggris akhirnya memenangkan perang Perancis dan Indian.

Pada tahun 1758, George terpilih menjadi wakil rakyat di badan pemerintahan lokal Virginia.

Untuk dapat membayar biaya perang Perancis dan Indian, pemerintah Inggris membebankan pajak yang tinggi  kepada warga kolonial. Hal ini membuat mereka marah. Mereka membuat revolusi di Boston, mereka membuang teh yang mahal ke pelabuhan Boston.

Pada tahun 1775 George dipilih menjadi panglima tertinggi tentara kolonial. Pada tanggal 4 Juli 1776 para kolonis menyatakan kemerdekaan mereka dari Inggris. Jenderal Washington memimpin tentara yang kurang latihan dan kurang persenjataan dan kalah jumlah dibandingkan tentara Inggris.

Berkat rencana George Washington yang cemerlang dan bantuan tentara Perancis, akhirnya tentara Inggris berhasil dikalahkan.

Pada 1787, George dipilih menjadi Presiden. Ia dipilih lagi pada tahun 1792. Ketika dipilih untuk ketiga kalinya ia menolak.

George Washington meninggal pada tanggal 14 Desember 1799 di rumahnya Mt.Vernon di Fairfax County, Virginia. Setelah ia meninggal, ibukota negara dipindahkan dari Philadelphia ke perbatasan antara Virginia dan Maryland di dekat kediaman George Washington. Tempat itu dinamakan Washington, District of Columbia untuk menghormatinya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar