Albert Einstein (1879-1955)

Imajinasi lebih penting daripada pengetahuan. Pengetahuan terbatas, sedangkan imajinasi melingkari dunia.- Albert Einstein



Lahir di Ulm, Jerman pada tanggal 14 Maret 1879, Albert Einstein adalah salah satu ilmuwan terkemuka dan berpengaruh pada abad ke-20. Walaupun ia dikenal sebagai seorang genius, Albert lambat belajar berbicara ketika masih kecil. Ia juga susah diatur di sekolah dan melakukan banyak kenakalan aneh di kelas.

Minatnya pada sains dan matematika terinspirasi oleh sebuah kompas yang ditunjukkan oleh ayahnya. Ia menyadari bahwa pasti ada sesuatu yang membuat jarum kompas bergerak. Ia mulai membuat alat peraga fisika dan mulai tampak bakatnya di bidang matematika. Pada tahun 1889, Max Talmud memperkenalkan buku-buku teks sains, matematika dan filosofi kepada Albert yang waktu itu berumur 10 tahun. Di antaranya sebuah buku karangan Immanuel Kant berjudul Euclid’s Elements yang disebut Albert sebagai “buku suci geometri”. Talmud adalah seorang mahasiswa kedokteran asal Polandia yang setiap Kamis malam berkunjung ke rumah keluarga Einstein. Kunjungannya berlangsung selama enam tahun, dan selama itu pula ia banyak membimbing Albert mengenai berbagai minat yang berbeda-beda.

Albert sangat menyukai Matematika dan Fisika, terutama Aljabar. Ia menganggap soal-soal Aljabar sebagai sebuah teka-teki sehingga ia merasa senang dan tertantang mengerjakannya.

Ketika di sekolah menengah, Albert ingin lompat kelas dan masuk the Swiss institute of Technology, sayangnya ia tidak lulus ujian masuk, walapun nilai matematika dan fisika yang diperolehnya tinggi.

Penemuannya yang paling terkenal adalah Teori Relativitas, E= mc2. Teori yang bertentangan dengan teori yang diciptakan oleh Isaac Newton ini menjelaskan hubungan antara massa dan energi sebagai konsekuensi dari ruang dan waktu.
Teori ini diperkenalkan pada tahun 1905. Teori ini dianggap sangat maju pada masa itu dan baru bertahun-tahun kemudian dapat dibuktikan.

Banyak orang mengira bahwa Albert Einstein menciptakan bom atom. Kenyataannya tidak demikian. Pada masa Perang Dunia II, ia menulis surat kepada President Franklin D. Roosevelt, memperingatkan akan kemungkinan Jerman menggunakan senjata nuklir dan menganjurkan Amerika Serikat melakukan penelitian senjata nuklir. Ia sendiri tidak terlibat dalam pembuatan senjata nuklir di Amerika Serikat. Bahkan kemudian ia aktif dalam kegiatan menentang senjata nuklir.

Albert adalah seorang genius. Namun tahukah kamu, bahwa ia tidak dapat mengeja dengan baik? Ia mampu berbicara dalam bahasa Jerman dan Inggris dengan fasih, namun tidak dapat menulis dalam bahasa Inggris.

Albert sering menghilangkan barang-barang yang dibawanya, terutama payung!
Ia juga tidak dapat mengingat tanggal-tanggal dan nomor telepon. Ia tidak ingat tanggal ulang tahun keluarganya, bahkan ulang tahunnya sendiri. Ia juga tidak ingat nomor teleponnnya sendiri. Ia berdalih, bahwa ia tidak perlu mengingat nomor teleponnya karena ia tidak pernah ingin menelpon dirinya sendiri.

Albert membawa keluarganya pindah ke Amerika Serikat pada tahun 1933. Pada masa sebelum Perang Dunia, Albert sangat terkenal di Amerika Serikat sehingga sering kali orang menghentikannya di jalan dan memintanya menjelaskan teorinya. Ia kemudian menemukan cara untuk menghindari pertanyaan orang-orang itu dengan mengatakan, “Maaf, anda keliru. Anda pasti mengira saya Profesor Einstein!”


Albert membawa keluarganya pindah ke Amerika Serikat pada tahun 1933. Hingga akhir hidupnya Albert Einstein berusaha menemukan teori fisika gabungan dimana fenomena gravitasi dan elektromagnetik digabungkan dalam satu teori.

Albert Einstein meninggal pada tanggal 18 April 1955 di Princeton Amerika Serikat karena gagal jantung.
955

.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar