Mengapa Katak Melompat?


Ikan berenang, burung terbang, ular melata dan katak melompat. Walaupun tidak semua jenis katak melompat, sebagian katak merangkak atau berenang dan tidak melompat sama sekali, namun sebagian besar katak melompat.

Katak melompat karena mereka perlu bergerak cepat pada saat mengejar mangsa atau dikejar pemangsa. Katak tidak banyak memiliki “senjata” untuk melindungi dirinya dari pemangsa sehingga mereka perlu bergerak dengan cepat agar bisa melarikan diri.  .

Jari-jari kaki katak yang terhubung oleh selaput juga menyulitkan katak bergerak di tanah selain melompat. Sebagian besar katak darat hidup di pohon dan melompat dari cabang pohon yang satu ke cabang lain lebih mudah daripada berjalan. Katak pohon tidak mempunyai selaput pada jari kakinya, namun mempunyai bantalan yang lengket sehingga dapat melekat di bahan pohon dan daun-daun

Beberapa jenis katak dapat melompat 20 kali panjang tubuhnya. Mereka juga sering melompat berkelak-kelok atau zigzag sehingga sulit dikejar pemangsa. Sejenis katak pohon bahkan dapat melompat sejauh 2 meter atau kira-kira 50 kali panjang tubuhnya.

Sebagian besar katak juga melompat karena tubuh mereka cocok untuk melompat. Kaki belakang katak panjang dan kuat cocok untuk melompat dari tanah dan tubuh yang pendek membuat mereka mendarat dengan lebih lembut. Katak memang diciptakan untuk melompat!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar