Citra Rasa



Apa rasa gula? Apa rasa garam? Bagaimana kita dapat mengenali rasa? Kita dapat merasakan makanan berkat kerja sama dari benjolan-benjolan mini pada lidah dan hidung kita. Ketika kita makan sesuatu, tugas kedua bagian tubuh itu untuk mengirimkan pesan tentang rasa itu ke otak.

Rasa pada dasarnya dibagi dalam kelompok manis, asin, asam dan pahit. Baru-baru ini kelompok yang kelima dikenal, yaitu umami. Kamu pasti pernah mendengar umami pada iklan penyedap rasa di televisi. Umami adalah rasa istimewa dan khas yang sedap dan dalam, seperti kecap, jamur, tomat dan jenis-jenis keju dan daging.

Rasa-rasa tertentu yang dapat kita rasakan paling kuat terasa pada bagian tertentu pula pada lidah. Misalnya rasa manis dan asin paling terasa pada bagian depan lidah, sedangkan rasa asam pada bagian sisi dan rasa pahit pada bagian belakang lidah.


Eksperimen

Yuk, kita uji indera perasa kita! Dapatkah kamu mengenali bagian mana pada lidah yang merasakannya?

Kumpulkan beberapa jenis makanan yang manis, asam, pahit, asin dan umami. Tutup matamu dengan sapu tangan. Mintalah temanmu untuk mengambilkan salah satu makanan.

Pikirkan bagian lidah mana yang merasakan masing-masing makanan itu. Gambarlah lidah dan berikan tanda pada bagian lidah itu.

Sumber: http://whyzz.com/how-many-different-things-can-you-taste

Tidak ada komentar:

Posting Komentar