Kisah Romulus dan Remus



Romulus dan Remus adalah anak kembar dari puteri Rhea dan dewa perang Mars. Kakek mereka, Numitor adalah raja di Alba Longa. Numitor digulingkan oleh saudaranya sendiri, Amulius dan diusir.

Amulius takut pada suatu hari nanti Romulus dan Remus akan menentangnya dan merebut kembali kerajaannya. Ia kemudian membawa si kembar yang masih bayi itu ke tepi sungai Tiber dan meninggalkan mereka di sana. Beruntung, seekor serigala betina menemukan mereka. Serigala itu mengasuh dan menyusui mereka.

Pada suatu hari seorang gembala menemukan anak-anak itu dan membesarkannya sebagai anaknya sendiri. Romulus dan Remus tumbuh besar dan kuat.

Pada suatu hari mereka memutuskan mendirikan sebuah kota baru di tempat di mana gembala dulu menemukan mereka. Setelah kota yang mereka idamkan berdiri, Romulus dan Remus bertengkar mengenai  siapa yang akan berkuasa di kota itu. Mereka berkelahi dan Romulus mengalahkan Remus. Remus tewas. Romulus kemudian menamakan kota itu Roma, menurut namanya sendiri.


Sejarah atau hanya ceritakah?

Kota Roma didirikan 2500 tahun yang lalu. Tak banyak bukti sejarah tentang kota besar itu pada masa awal berdirinya. Kita hanya dapat membaca legendanya saja. Legenda adalah sebuah cerita yang sebagian merupakan fakta atau benar-benar terjadi dan sebagian lagi hanya cerita belaka.

Nah, coba kamu baca lagi cerita Romulus dan Remus di atas. Menurutmu, bagian mana yang benar-benar terjadi dan bagian mana yang merupakan cerita?

Tidak ada komentar:

Posting Komentar