Bayi Tidur Nyenyak Sepanjang Malam




Bayi sulit tidur, orang tua, terutama Bunda, biasanya juga jadi kurang tidur. Apalagi bila bayi rewel atau sering terbangun di tengah malam.  
Ikuti beberapa tip manjur untuk membantu bayi tidur nyenyak berikut ini.

Irama
Bayi yang baru lahir membutuhkan tidur hingga 16 jam sehari, terbagi menjadi beberapa kali tidur. Pada usia 3 bulan, bayi kadang-kadang tidur hingga 5 jam setiap kali. Pada usia 6 bulan, bayi biasanya tidur 9 – 12 jam pada malam hari.

Aktivitas
Ketika bayi tidak tidur, ajaklah bayi berbicara, bermain dan nyanyikan beberapa lagu. Stimulasi pada siang hari dapat membantu bayi tidur nyenyak.

Hindari kontak mata
Sabrina James dari Babytalk memberikan sebuah tip unik. Hindari kontak mata dengan bayi ketika menidurkan bayi, juga ketika bayi terbangun pada tengah malam. Bayi bertatapan dengan Anda ketika berinteraksi seperti bermain atau ketika Anda berbicara dengannya. Kontak mata akan diartikan bayi sebagai waktu untuk bermain, bukan waktu tidur.

Rutinitas
Usahakan bayi tidur pada waktu yang sama tiap hari, misalnya pada jam 18.30 – 19.00 tiap malam.  Lakukan aktivitas yang menenangkan bayi seperti membersihkan bayi dan mengenakan pakaian yang bersih, menyanyi, membacakan cerita atau memutar musik yang membuat bayi rileks. Bayi akan memahami aktivitas ini sebagai persiapan menjelang tidur.
Perlu diingat bahwa seperti orang dewasa, bayi memilih sendiri waktu tidurnya. Ada bayi yang tidur agak larut atau justru sore-sore sudah tidur. Demikian juga, bila bayi sudah lelah dan mengantuk sebelum jam tidur biasanya, biarkan bayi tidur. Bila Anda memaksakan bayi menunda tidurnya, bisa jadi bayi malah sulit tidur dan rewel. Biarkan bayi tidur kapan pun ia mau.

Membaringkan bayi
Letakkan bayi di tempat tidur dalam keadaan mengantuk namun belum tertidur. Bayi akan belajar bahwa berbaring di tempat tidur adalah bagian dari proses tertidur. Kosongkan tempat tidur bayi. Singkirkan  benda-benda yang dapat membuat nafas bayi terganggu seperti bantal, guling, selimut dan mainan bayi. Pastikan sprei atau alas bayi terpasang dengan benar sehingga tidak dapat membelit tubuh bayi atau menutupi wajahnya. Selimut yang berupa kantong atau sleeping bag lebih aman daripada selimut yang berupa selembar kain.

Sentuhan kasih
Bayi mungkin tidak langsung tertidur setelah berbaring di tempat tidurnya. Mungkin ia akan menangis atau rewel sebelum akhirnya tertidur. Biarkan ia mencari posisi yang nyaman. Bila bayi tidak juga tertidur, ajaklah berbicara dengan suara lembut dan menenangkan. Sentuh bayi pada kepala, perut dan lengan dengan elusan lembut. Tepuk-tepukan lembut pada pantat bayi juga dapat membantu bayi cepat tertidur.

Jangan sampai menangis
Bayi sering terbangun pada malam hari karena lapar atau ngompol. Biasanya bayi lapar pada jam-jam tertentu setiap malam. Usahakan untuk memberikan ASI atau botol susu sebelum bayi terbangun. Biasanya bayi tetap tertidur pada saat menyusu.
Bila bayi mengenakan popok sekali pakai pada malam hari, pilihlah popok yang memungkinkan dipakai sepanjang malam. Tentu saja ini dapat dilakukan bila bayi tidak terlalu banyak buang air kecil. Bila bayi mudah iritasi karena popok, tentu saja Anda harus sering mengganti popoknya. Usahakan mengganti popok dengan cara sedemikian rupa sehingga bayi tidak perlu terbangun.

Jangan tidur bersama bayi
Bayi yang tidur bersama orang tuanya biasanya sulit membiasakan tidur sendiri. Bila Anda ingin berdekatan dengan bayi ketika tidur, tempatkan tempat tidur bayi tepat di samping tempat tidur Anda.

Suasana tidur yang nyaman
Kamar yang panas atau terlalu dingin membuat bayi sulit tidur. Aturlah agar kamar bayi sejuk dan nyaman.
Redupkan lampu kamar bayi. Bayi akan menghubungkan suasana yang agak gelap dengan tidur. Ketika bayi terbangun pada tengah malam ia akan tahu bahwa sekarang waktu tidur dan bukan waktu bermain.

Bayi tidur yang tidur nyenyak sepanjang malam pasti menjadi idaman semua orang tua, namun mungkin tidak dapat terjadi begitu saja. Berikan waktu kepada bayi dan diri Anda sendiri untuk menyesuaikan diri. Pahami kebiasaan bayi dan cara-cara berkomunikasi yang tepat sehingga Anda dapat membantu bayi tidur nyenyak.

Sumber:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar