Tips Memilih Tas Sekolah


Liburan sekolah sudah tiba. Sebentar lagi anak-anak memasuki tahun ajaran baru.  Sekarang waktunya berbelanja alat sekolah, termasuk tas sekolah

Pilihlah tas sekolah anak dengan cermat, karena  tas yang kurang tepat atau terlalu berat dapat menyebabkan postur tubuh anak berubah sehingga menyebabkan nyeri punggung, bahu dan leher dan juga sakit kepala .  Bila anak menggunakan tas yang kurang pas untuk tubuhnya dalam jangka waktu lama, bahkan dapat menyebabkan cedera punggung.

Bagaimana memilih tas sekolah yang sesuai untuk anak Anda?

Ringan                                                                                   
Anak-anak sering perlu membawa buku dan barang lain yang cukup banyak. Pilihlah tas yang ringan agar tidak menambah beban. Ajarkan anak mengatur buku dan barang bawaan sehingga tas seimbang.  Anak hanya membawa buku dan barang dibutuhkan pada hari itu saja. Bila anak harus membawa  botol air minum atau bekal, sediakan tas lain yang dapat dijinjing. Sebaiknya anak membawa beban tak lebih dari dari 2/5 berat badannya.  Anak sebaiknya tidak membawa tasnya selama lebih dari 30 menit. Ingatkan anak untuk sesekali meletakkan tasnya.


Jenisnya
Tas backpack (ransel) lebih nyaman daripada tas dengan satu tali.
Tas satu tali memberikan beban pada satu sisi bahu saja, yang dapat mengakibatkan anak harus menyesuaikan bahkan menjadi miring.   
Ajarkan anak mengatur buku dan barang lain agar beban seimbang. Letakkan barang yang paling berat pada dasar tas dan pada bagian belakang tas sehingga menempel pada punggung anak.  Tas ransel dengan tali tambahan di pinggang lebih nyaman lagi, tapi mungkin anak-anak kurang menyukainya.

Tali 
Pilih tas dengan tali cukup lebar dan panjangnya dapat disesuaikan, sehingga dapat membagi beban dengan seimbang. Tali tas sebaiknya memiliki lapisan dan cukup tebal. 
Atur agar letak tas menempel pada punggung anak dengan posisi yang tepat.  Ketika anak membawa tas, pastikan tubuhnya tegak dan nyaman, tidak melengkung ke depan atau ke belakang karena harus menyesuaikan dengan panjang tali atau berat beban.

Ukuran 
Pilihlah tas yang tidak lebih lebar dari badan anak. Ketika anak membawa tas,  panjang tas sebaiknya tidak melebihi pinggang anak. Tas yang terlalu tebal  sehingga terlalu ke belakang juga sebaiknya dihindari.  Sesuaikan tas dengan barang bawaan anak. Bila tas terlalu besar, barang-barang di dalamnya dapat bergeser-geser sehingga anak tidak nyaman

Model bagus vs. tahan lama
Kedua hal ini perlu Anda perhatikan. Tasnya tidak mudah rusak tapi anak tidak suka memakainya. Tas dengan model yang disukai anak, tapi cepat rusak. Jadi pilihlah tas yang cukup kuat dan nyaman dipakai, dengan model yang disukai anak Anda!



1 komentar: