Tummy Time


Tummy Time adalah meletakkan bayi tengkurap selama beberapa saat. Denga berbaring tengkurap, bayi dapat mengembangkan otot-otot dan kemampuan fisik.
Anjuran untuk menidurkan bayi dengan posisi telentang untuk menghindari Sindrom Kematian Bayi Mendadak (Sudden Infant Death Syndrome = SIDS) membuat bayi lebih sedikit berbaring tengkurap. Oleh karena itu bayi perlu dibiarkan tengkurap lebih lama. Tummy time dimulai dengan jangka waktu pendek, dan secara bertahap diperpanjang sesuai usia dan perkembangan bayi.
Ketika bayi diletakkan tengkurap, ia akan mengangkat kepala dan badan bagian atas, menoleh, melihat-lihat keadaan sekitarnya. Tengkurap penting untuk mengembangkan kekuatan pada tubuh bagian atas.
Aktivitas ini akan membantu bayi belajar mengangkat badan bagian atas, berguling,  duduk, merangkak dan belajar berdiri. Berbaring tengkurap juga menghindarkan kepala bayi berbentuk rata  (peyang) karena lebih sering berbaring telentang.
Tummy time dapat dilakukan sejak bayi lahir. Tengkurapkan bayi sebagai bagian rutinitas sehari-hari. Pada awalnya tengkurapkan bayi selama 1-2 menit, 3-4 kali sehari. Lambat laun bayi dapat berbaring tengkurap lebih lama. Pada usia 3 bulan, bayi dapat tengkurap selama 30-60 menit sehari.

Tips Tummy Time
  • Letakkan bayi di lantai dengan alas yang padat. Jangan gunakan alas yang terlalu lunak atau kain alas yang longgar.
  • Letakkan mainan yang aman di depan bayi. Gerakkan mainan ke kanan dan kiri. Kegiatan ini mendorong bayi untuk menggerakkan dan mengangkat kepala, menoleh.
  • Letakkan buku bergambar atau majalah di depan bayi dan buka-buka halamannya.  Hal ini akan memperkuat mata bayi dan menyita perhatiannya.
  • Ajarkan bayi belajar bahwa tummy time adalah saat Anda berbicara, menyanyi dan menyentuhnya.
  • Anda juga bisa meletakkan bayi tengkurap di pangkuan atau dada Anda.
  • Ketika bayi tertidur, segera pindahkan ke tempat tidur bayi dengan posisi telentang
  • Tunggu 30-45  menit setelah bayi mendapat ASI atau makan sebelum melakukan tummy time untuk mencegah bayi muntah
  • Lakukan tummy time dengan bayi Anda sebagai bagian dari rutinitas. Anda dapat meletakkan bayi tengkurap setelah mengganti popoknya selama beberapa menit atau selama ia menyukainya.
  • Jangan pernah meninggalkan bayi sendiri pada saat tummy time
  • Ada bayi yang tidak suka tummy time. Anda dapat mengganti posisinya dan mencobanya lagi pada hari yang lain.
  • Bayi mungkin menangis setelah beberapa saat. Cobalah mencari penyebab bayi menangis. Bila posisi bayi atau alas tidurnya membuat bayi tidak nyaman, segera perbaiki dan usahakan bayi mau melanjutkan tummy time-nya. Alihkan perhatian bayi yang mulai bosan agar  ia mau tetap berbaring tengkurap. Anda juga dapat menghentikan latihan tummy time dan mencobanya lagi nanti 

 Sumber: http://www.babycenter.com/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar