Manfaat Mewarnai Gambar Untuk Perkembangan Anak

Mewarnai gambar adalah aktivitas sederhana yang dapat membantu perkembangan anak. Mewarnai adalah salah satu alat penting untuk mempersiapkan anak pra sekolah ke sekolah. Mewarnai gambar membangkitkan imainasi dan memberikan kesempatan untuk mengeksperikan diri bagi anak-anak.
Yuk kita simak manfaat mewarnai untuk anak-anak
Meningkatkan motorik halus
Kegiatan mewarnai dapat meningkatkan motorik halus pada anak-anak. Gerakan memegang crayon dan mewarnai dapat membantu perkembangan otot-otot kecil pada pergelangan, jari dan tangan. Kemampuan motorik halus dapat membantu anak-anak menulis dan memanipulasi obyek-obyek kecil. Mewarnai membantu mengembankan dan memperkuat otot-otot tangan yang nantinya akan membantu dalam aktivitas seperti mengetik dan mengangkat benda.
Meningkatkan kemampuan menulis
Untuk mewarnai anak-anak memerlukan kekuatan dan dan ketrampilan tangan untuk dapat menggerakkan pensil warna. Hal ini mendorong anak memegang pensil dengan benar, sehingga mebantu anak menulis dengan baik.
Koordinasi mata dan tangan
Cara memegang crayon atau pensil yang baik, meruncingkannya dan mengenali warna yang harus digunakan dapat memberi banyak manfaat pada anak-anak. Mewarnai gambar mengharuskan anak mewarnai area yang sudah ditentukan. Hal ini membantu mengembangkan koordinasi mata dan tangan.
Relaksasi dan kesabaran
Mewarnai mengajarkan anak untuk bersabar. Anak merasa santai dan nyaman ketika mewarnai. Selain itu anak dapat mewarnai dengan cara yang mereka sukai. Hasilnya, anak merasakan keberhasilan karena menyelesaikan satu gambar dengan baik.
Fokus
Telah terbukti bahwa anak-anak yang menghabiskan banyak waktu untuk mewarnai memiliki kemampuan fokus dan konsentrasi.
Percaya diri
Mewarnai secara teratur meningkatkan percaya diri. Menyelesaikan sebuah gambar membuat anak merasakan suatu pencapaian, yang meningkatkan harga diri dan percaya diri mereka
Merangsang Kreativitas
Mewarnai memberikan kesempatan untuk mengekspresikan sisi kreatif anak-anak. Biarkan anak-anak masuk ke dunia imajinasi. Anak-anak akan berpikir tentang kombinasi warna agar gambarnya menjadi menarik.
Ekspresi diri
Tiap orang mengekspresikan dirinya dengan cara yang berbeda dan banyak anak menggunakan gambar sebagai ekspresi diri. Dengan mewarnai anak memutuskan warna yang akan digunakan
Terapi dan meredakan stres
Mewarnai bersifat menenangkan dan memberikan terapi pada anak-anak, terutama jika mereka tidak memiliki sarana untuk melampiaskan emosi yang tidak menyenangkan atau membingungkan.
Kebanyakan anak suka mewarnai dan kegiatan itu bukan hanya untuk rekreasi. Mewarnai dapat mendorong perkembangan fisik dan psikologis. Ajar anak mewarnai sedini mungkin dan ia akan mendapatkan manfaat positif seumur hidup.
Perkembangan bahasa
Mewarnai dan membicarakannya memberi anak kesempatan untuk mempelajari kata-kata dan kalimat  baru. Anak-anak menggunakan kata-kata deskriptif untuk mengungkapkan  mereka ketika mereka menemukan halaman mewarnai dengan gaya yang berbeda. Mewarnai membantu anak mengembangkan kemampuan berpikir kritis mereka
Waktu berkualitas
Mewarnai bersama anak memberikan manfaat yang penting, yaitu Anda memiliki waktu berkualitas bersama anak. Mewarnai juga mempunyai banyak manfaat untuk orang dewasa, lho.

Sumber:

http://www.colorpsychology.org

Tidak ada komentar:

Posting Komentar