Memperkuat Hubungan Emosional (Kelekatan) dengan Anak


Apa itu kelekatan antara orang tua dengan anak? Kelekatan dapat kita artikan hubungan emosional yang kuat antara orang tua dan anak. Mungkin Anda akan berkata, “Tentu  saja saya mempunyai hubungan yang kuat dengan anak-anak saya. Kan saya ibunya.” Tapi kelekatan tidak terjadi begitu saja. Kita perlu terus memperkuat kelekatan dengan anak-anak, apalagi dengan kesibukan kita sehari-hari yang tidak memungkinkan kita selalu bersama-sama dengan anak sepanjang waktu.

Berikut ini beberapa cara sederhana untuk memperkuat kelekatan dengan anak

 

Makan bersama

Sebuah penelitian menunjukkan bahwa makan bersama keluarga memberikan manfaat positif untuk perkembangan anak seperti kesehatan dan kebiasaan makan yang baik, mental yang kuat, perkembangan kemampuan sosial dan emosional, perilaku yang lebih baik, dan prestasi akademis yang lebih baik.

Bila Anda tidak dapat makan malam bersama tiap malam, usahakan untuk selalu makan bersama pada setiap kesempatan misalnya makan pagi, makan siang dan waktu lain. Intinya adalah makan bersama yang menyenangkan, berbicara dengan anak-anak tentang hari mereka dan selalu  terhubung dengan anak-anak


Membicarakan pengalaman hari ini
Seperti pada waktu makan malam, saat berangkat tidur adalah kesempatan emas untuk meminta anak-anak bercerita tentang hari mereka. Tanyakan,”Apa yang paling menyenangkan hari ini?” Dorong anak-anak untuk menceritakan dengan detil apa yang mereka alami hari ini. Jangan lupa menceritakan pengalaman Anda sendiri seperti apa yang Anda capai hari ini, apa yang membuat Anda bangga, masalah yang Anda hadapi dan apa rencana anda untuk menghadapinya. Dengan bercerita tentang diri Anda sendiri, Anda menunjukkan bahwa Anda menghargainya sebagai seorang pribadi dan Anda merasa percaya kepadanya dengan bercerita kepadanya. Anak Anda akan merasa bahwa ia penting bagi Anda.

Bermain bersama

Salah satu cara terbaik membina hubungan dengan anak adalah bersenang-senang bersama. Bermain di luar, bersepeda, bermain bola, atau bermain di rumah, pilihlah aktivitas yang Anda nikmati bersama. Ajarkan anak-anak untuk bermain dengan jujur dan sportif.
Anda juga dapat membuat karya seni bersama, memasak atau membuat kue favorit, atau menpnton film keluarga di rumah. Intinya bukan aktivitasnya yang penting, tapi kebersamaan Anda dengan anak-anak.

Berpelukan
Berpelukan bukan hanya akan memperkuat kelekatan Anda dengan anak. Sebuah penelitian menunjukkkan bahwa berpelukan dapat mengurangi risiko Anda sakit. Tunjukkan bahwa Anda mencintai anak-anak dengan memeluknya setiap saat.

Hormati anak Anda
Anak-anak sering melakukan kesalahan atau membuat Anda marah atau kesal. Selalu simpan dalam hati bahwa memperlakukan anak dengan hormat sama pentingnya dengan menegakkan disiplin.

Terima emosi mereka
Anak-anak sering berperang dengan emosi mereka dan tidak selalu berperilaku baik ketika sedang kecewa atau marah. Anak-anak perlu mengekspresikan emosi mereka. Ajarkan mereka cara-cara menghadapi emosi negatif dengan baik. Tapi ketika mereka ngambek atau marah, terma emosi mereka dan rasa takut yang bersembunyi di balik kemarahan mereka. Jangan terpancing dengan ikut marah atau menghukum mereka, Biarkan mereka menenangkan diri. Setelah anak menjadi tenang, Anda dapat mengajak anak membicarakannya. Hal ini akan mendekatkan anak-anak kepada Anda
Selalu berbicara kepada anak dengan tenang dan penuh kasih walaupun anak melakukan sesuatu yang tidak baik. Membentak atau menghukum anak sudah terbukti tidak efektif, dan dapat merusak kualitas hubungan Anda dengan anak.
Selalu ingatkan anak untuk mengatakan “tolong” dan “terima kasih” dan tentu saja Anda juga harus menlakukan hal yang sama.

 

Mengijinkan anak membantu di rumah

Anak-anak secara alami suka membantu orang tuanya. Berikan tugas-tugas untuk dikerjakan anak seperti menyapu, menyiapkan meja makan, menyiangi sayuran dsb sesuai dengan kemampuannya.
Ketika Anda memberikan tugas dan tanggung jawab, anak merasa percaya diri dan dihargai. Ungkapkan bahwa mereka melakukan tugasnya dengan baik, dan Anda berterima kasih atas bantuan mereka.
Hal ini bukan hanya mendekatkan anak dan Anda, tapi juga mengembangkan percaya diri anak dan mengajarkan mereka untuk suka membantu orang lain

Selalu hadir
Masa anak-anak berlangsung dengan cepat. Saat ini Anda mengasih balita Anda, tapi dalam waktu singkat mereka tumbuh dewasa. Selalu ingat bahwa masa anak-anak tidak berlangsung selamanya. Selalu gunakan kesempatan untuk memberikan diiri Anda sepenuhnya untuk anak. Selalu hadir pada peristiwa-peristiwa penting dalam hidup anak Anda. Hadirlah pada pertandingan olah raga, acara di sekolah, jangan lupakan ulang tahun atau kejadian penting lain dalam keluarga.

 

Tunjukkan kasih Anda

Lakukan hal-hal kecil tiap hari untuk menunjukkan cinta kasih Anda kepada anak. Anda dapat menempelkan pesan khusus pada kotak bekal mereka atau mengajak anak-anak merencanakan aktivitas pada akhir minggu. Memberikan  perhatian penuh Anda ketika anak-anak berbicara dapat membuat perbedaan besar pada kualitas hubungan Anda dengan mereka

Sumber:
http://childparenting.about.com
http://www.ahaparenting.com


Tidak ada komentar:

Posting Komentar