Mengurangi Bengkak dan Nyeri Pada Saat Hamil


Pembengkakan pada saat hamil adalah hal yang normal. Sekitar 25% dari tambahan berat badan yang terjadi pada saat hamil adalah tambahan cairan dalam tubuh Anda. Bengkak terjadi sebagai bagian dari persiapan persalinan. Tubuh Anda menyiapkan ruang untuk bayi, membuat bantalan pelindung untuk bayi dengan cairan ketuban, mengalirkan lebih banyak darah dalam tubuh dan mengalirkan zat nutrisi ke seluruh tubuh, dan mempersiapkan diri memproduksi ASI.
           
Apa yang menyebabkan bengkak?
Ketika hamil, tubuh Anda menambah jumlah darah dan cairan-cairan lain sampai separuh dari jumlah normal ketika Anda tidak hamil.  Bayi Anda dikelilingi banyak cairan. Tubuh Anda juga melunakkan sendi-sendi untuk mempersiapkan diri menuju persalinan.Perubahan juga terjadi pada kaki dan pergelangan, jari-jari dan tangan. Jari-jari yang bengkak adalah bagian normal pada kehamilan yang dapat terjadi pada usia kehamilan sekitar lima bulan dan menjelang persalinan Anda mungkin merasa tubuh Anda seperti balon berisi air. Tubuh Anda justru pertanda baik karena akan mempermudah Anda untuk melahirkan.

Walaupun tambahan cairan adalah normal, Anda mungkin merasa tidak nyaman dengan perubahan daam tubuh Anda. Banyak wanita mengalami nyeri pada kaki dan punggung.

Beberapa tips berikut dapat membantu Anda:

Angkat kaki Anda
Hindari berdiri diam, sering beristirahatlah dengan duduk atau berjalan-jalan. Lakukan latihan dengan memutar-mutar pergelangan kaki dengan lembut dan lakukan gerakan seperti menginjak pedal-pedal di mobil. Duduk atau berbaring dengan meletakkan bantal di bawah kaki Anda

Berbaring pada sisi kiri Anda
Posisi ini membantu darah mengalir lebih mudah dari pembuluh vena di kaki sehingga mengurangi tekanan pada pembuluh vena.

Kurangi garam
Garam menambah timbunan cairan dan menahannya di dalam tubuh.  Perhatikan kandungan garam dalam makanan yang diawetkan dan makanan dalam kemasan.

Tambahkan potasium
Potasium banyak terdapat pada sayuran dan buah-buahan, makanan yang memang harus Anda makan lebih banyak ketika hamil. Anda juga dapat makan pisang, kacang-kacangan dan buah-buahan yang dikeringkan

Kenakan stocking khusus
Stocking untuk wanita hamil kadang-kadang terasa gerah dan tidak nyaman, tapi sangat membantu mengurangi bengkak pada kaki.

Minum secukupnya
Sudah banyak air dalam tubuh, mengapa harus minum lagi? Kita memerlukan air untuk membuang garam yang berlebihan dalam tubuh dan juga cairan yang harus dibuang. Ginjal memerlukan sekitar 3,1 liter air sehari. Anda dapat minum air, jus, susu, tapi hindari minuman riingan bersoda yang mengandung banyak gula. Juga hindari minuman berkafein seperti kopi dan teh yang dapat menyebabkan dehidrasi.

Hindari junk food
Makanan siap saji sering mengandung banyak garam dan lemak dan rendah vitamin serta nutrisi

Olahraga teratur
Olah raga membantu otot-otot  bekerja dengan pembuluh darah vena mendorong cairan keluar dari jaringan dan kembali ke jantung

Jaga tubuh tetap sejuk
Kenakan pakaian yang nyaman dan sejuk, hindari pakaian ketat, tebal  atau berlapis-lapis. Nyalakan penyejuk udara. Berendam di kolam renang pada hari yang panas juga dapat menjadi pilihan yang baik

Kompres dingin
Kompres dingin pada are yang bengkak dan nyeri dapat membantu

Sumber
https://au.lifestyle.yahoo.com

http://www.parenttime.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar