Si Hidung Kecil dan si Mulut Lebar

Dahulu kala hiduplah sepasang suami isteri. Pada suatu hari tetangga mereka mengundang mereka ke sebuah pesta. Suami isteri itu malu karena merasa penampilan mereka tidak pantas. Sang suami mempunyai hidung yang sangat kecil. Sedangkan isterinya mempunyai mulut yang lebar sekali.

Sang suami membuat hidung palsu dari lilin. Sedangkan isterinya menjahit ujung-ujung mulutnya sehingga tampak lebih kecil. Siaplah mereka mengunjungi pesta.

Di pesta itu mereka bercakap-cakap dengan banyak orang. Mereka sangat senang. Tapi mereka berdiri di dekat api unggun. Lama kelamaan hidung sang suami yang terbuat dari lilin meleleh. Sang isteri yang tidak tidak dapat menahan rasa geli tertawa terbahak-bahak. Lepaslah jahitan di mulutnya. Mereka sangat malu. Mereka lalu minta diri untuk pulang saja. 

Untunglah tuan rumah menahan mereka. “Jangan pulang. Pesta baru dimulai. Mengapa harus malu karena wajah kalian tidak sempurna?  Kami semua tahu kalian adalah orang yang baik hati.”


Tamu-tamu lain juga tidak mengijinkan mereka pulang. Mereka melanjutkan pesta dan sangat menikmatinya. Sejak itu suami isteri itu tidak malu lagi dengan hidung yang kecil dan mulut yang lebar.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar