Amelia Earhart (1897–1937)


Amelia Earhart dilahirkan pada 24 Juli 1897 di rumah kakeknya di Atchison, Kansas  Amerika Serikat. Amelia dan adiknya Muriel tinggal bersama kakek nenek mereka yang kaya raya hingga Amelia berusia 10 tahun.

Kemudian Amelia dan Muriel tinggal bersama orang tua mereka. Sayangnya ayah mereka mulai banyak minum minuman keras hingga akhirnya pada 1914 ibu Amelia, Amy memutuskan membawa anak-anaknya ke Chicago.

Pada 1917,  Amelia masuk sekolah perawat dan menyaksikan akibat kejamnya perang. Ia bekerja sebagai perawat di sebuah rumah sakit militer hingga Perang Dunia I berakhir pada November 1918.

Pada tahun 1920, orang tua Amelia berkumpul kembali dan Amelia memutuskan untuk tinggal bersama mereka. Rasa cinta Amelia pada dunia penerbangan timbul ketika ayahnya mengajaknya ke sebuah pertunjukan udara. Di sana Amelia mendapat kesempatan untuk terbang di atas Los Angeles.

Amelia mulai belajar terbang dengan Anita Snook di lapangan Kinner di dekat Long Beach California. Amelia belajar dengan cepat dan segera menjadi pilot yang hebat. Pada bulan Juli 1920 ia membeli pesawatnya yang pertama. Warnanya kuning terang dan Amelia menyebutnya “Burung Kenari”.  Pada Oktober 1922 Amelia mulai mencoba memecahkan rekor penerbangan. Pertama-tama ia memecahkan rekor ketinggian pada 14.000 kaki.

Pada 27 April 1926 Kapten Hill Railey mengajak Amelia ikut serta dalam penerbangan melintasi samudera Atlantik. Ia hanya menjadi penumpang, namun ia adalah wanita pertama yang terbang melintasi Atlantik. Amelia bertekad bahwa ia akan menerbangkan pesawat sendiri.

Pada 20 Mei 1932, Amelia memulai perjalanan melintasi Atlantik. Ia memecahkan beberapa rekor pada penerbangan bersejarah itu, ia bukan hanya wanita pertama yang terbang seorang diri melintasi Atlantik, dan satu-satunya orang yang melakukannya dua kali. Ia memecahkan rekor penerbangan terpanjang yang dilakukan seorang wanita, juga rekor melintasi Atlantik dalam waktu tersingkat. Pada saat ini Amelia sudah banyak berteman dengan orang-orang penting. Ia sudah merencanakan untuk menikah dengan penerbit milyuner George Putnam dan sudah pernah membawa ibu negara Eleanor Roosevelt terbang bersamanya.

Pada 1935 Amelia mulai membuat rencana untuk terbang mengelilingi bumi. Pada percobaan pertama pesawatnya jatuh pada saat tinggal landas. Pesawatnya harus diperbaiki sebelum ia mencoba lagi.

Pada 1 Juni 1937 Amelia dan co pilot nya Fred Noonan mencoba untuk mengelilingi bumi. Mereka terbang ke San Juan, Puerto Rico kemudian ke timur ke arah Afrika.  Amelia dan Fred terbang ke Laut Merah, ke Karachi Pakistan. Kalkuta India kemudian melanjutkan ke Rangoon, Bangkok dan Singapura.

Di Port Darwin, Australia, mereka melakukan perbaikan penting pada pesawat. Mereka tiba di Lae, New Guinea pada tanggal 29 Juni 1935. Mereka sudah terbang sejauh 22.000 mil dan tinggal menyelesaikan 7.000 mil lagi. Amelia menjadi pahlawan internasional. Orang-orang kagum pada tekadnya yang kuat. 


Namun, tak lama setelah meninggalkan New Guinea pada 2 Juli 1935, ia mengirimkan beberapa tanda bahaya. Setelah itu tidak ada lagi berita dari mereka. Mereka hilang di atas samudera Pasifik. Amelia tidak memiliki cukup bahan bakar untuk mencapai tujuan mereka berikutnya, kepulauan Howland. Presiden Theodore Roosevelt mengirim 9 kapal angkatan laut dan 66 pesawat untuk melakukan pencarian. Pada tanggal 18 Juli pencarian dihentikan.

Hingga sekarang masih banyak teori tentang hilangnya Amelia Earhart. Ada yang mengatakan bahwa pesawatnya jatuh di laut dan ia tenggelam. Ada juga yang mengatakan bahwa pesawatnya jatuh dan Amelia ditawan oleh tentara Jepang yang pada saat itu menguasai banyak pulau di Pasifik. Bahkan ada yang mengatakan bahwa Amelia diam-diam kembali ke Amerika Serikat dan hidup sebagai ibu rumah tangga di New Jersey.

Kita tidak pernah tahu apa yang terjadi pada Amelia Earhart, namun hingga hari ini ia tetap seorang pahlawan dan inspirasi bagi jutaan orang di seluruh dunia.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar