Mitos: Anda Hanya Menggunakan 10% dari Otak Anda



Fakta: Anda menggunakan seluruh otak anda.
Mitos bahwa kita menggunakan hanya 10% dari otak sudah beredar lama sekali. Tidak diketahui bagaimana kesalahan ini bermula, namun pernyataan ini menjadi makin populer sepanjang abad lalu karena salah pengertian pada penemuan-penemuan tentang otak dan pendapat-pendapat ahli yang sayangnya tidak dapat dipertanggungjawabkan.

Yang benar adalah kita menggunakan seluruh otak kita setiap hari.

Misalnya, sambil membaca artikel ini, anda makan biskuit. Pada saat anda membaca, frontal lobes pada cerebral cortex bekerja untuk berpikir dan penalaran. Anda menikmati biskuit yang enak berkat parietal lobes, yang bertanggung jawab atas rasa, tekstur dan aroma makanan. Occipital lobes membantu proses bagaimana anda melihat tulisan pada artikel dan temporal lobes membantu proses pada apa yang anda dengar seperti suara anda mengunyah biskuit dan bunyi anda membalik halaman buku.

Sementara itu, anda baru saja berkedip karena area motorik anda, dan berkat cerebellum, anda dapat memegang biskuit di tangan, dan juga melakukan semua hal lain yang anda lakukan, yang membutuhkan keseimbangan dan koordinasi, seperti duduk.

Tanpa harus memikirkannya, anda juga bernafas, mencerna biskuit anda dan mengedarkan darah dalam tubuh, berkat jasa batang otak. Fungsi metabolisma dan hormonal seperti yang mengendalikan tingkat air dan gula dalam tubuh diatur oleh kelenjar  pituitary. Dan jika anda duduk di luar ketika cuaca dingin, hypothalamus anda menyuruh tubuh anda untuk menggigil.

Anda akan mengingat apa yang anda baca karena hippocampus, yang tugasnya adalah mentransfer memori jangka pendek ke jangka panjang. Hippocampus juga memungkinkan anda untuk mengingat penjabaran bahwa anda menggunakan jauh lebih banyak dari 10% otak anda.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar