Manfaat Jigsaw Puzzle Bagi Anak




Jigsaw puzzle adalah teka-teki yang dibuat dari sebuah gambar yang dipotong-potong dengan desain khusus dan dapat disambung-sambung kembali membentuk gambar yang utuh. Jigsaw puzzle sangat menarik bagi anak-anak dan membantu meningkatkan kreativitas. Namun jigsaw puzzle juga memberikan pengalaman edukatif pada semua usia, bahkan pada usia lanjut.

Manfaatnya antara lain:

Kemampuan memecahkan masalah yang lebih baik.
Jigsaw puzzle membantu meningkatkan kemampuan memecahkan masalah dan juga penalaran. Bahkan mengerjakan teka-teki yang sederhana pun menuntut anda berpikir bagaimana menyelesaikannya secepat mungkin. Mengerjakan jigsaw puzzle juga meningkatkan kemampuan motorik dan meningkatkan fungsi otak.

Meningkatkan  koordinasi mata
Menyambung-nyambung keping jigsaw puzzle membentuk gambar utuh membantu meningkatkan koordinasi mata. Anak-anak juga lebih memahami warna dan bentuk. Tema yang digunakan juga dapat dijadikan materi edukasi, misalnya angka-angka atau abjad

Meningkatkan motivasi dan konsentrasi
Setiap tahap menyusun jigsaw puzzle, meletakkan keping-keping pada posisi yang tepat dan pada akhirnya menyelesaikan gambar yang utuh, mendorong produksi dopamine, sebuah neurotransmitter di otak yang mengatur mood dan mempengaruhi konsentrasi dan motivasi. Dopamine memegang peranan penting dalam rasa senang, memori .  pengendalian motorik.

Meningkatkan harga diri
Setiap pencapaian akan memperkuat harga diri anak. Menyelesaikan jigsaw puzzle akan menimbulkan rasa puas dan rasa pencapaian. Anda dapat mulai dengan puzzle sederhana dan jumlah kepingnya sedikit. Bila anak sudah dapat menyelesaikannya dengan cepat, tingkatkan dengan puzzle yang lebih rumit dan menantang.

Bila sebuah puzzle dapat diselesaikan dengan baik dan cepat, sediakan puzzle baru yang lebih menantang. Anda juga dapat mengajak anak menggunakan cara yang berbeda untuk menyelesaikan puzzle.

Teka-teki membuat pikiran aktif
Jigsaw puzzle dan semua teka-teki membuat pikiran aktif dan awas. Teka-teki menenangkan walaupun membutuhkan kemampuan mental. Jigsaw puzzle sangat membantu orang-orang berusia lanjut untuk membuat otak mereka aktif.

Manfaat Edukatif
Pilihlah jigsaw puzzle yang mempunyai nilai edikatif, misalnya gambar peta dunia, tata surya, abjad.  Pada waktu menyusun puzzle bersama anak anda, ceritakan atau tanyakan sesuatu tentang gambar pada puzzle tersebut. Misalnya, “Sekarang kita cari huruf G ya. Coba lihat kira-kira warnanya apa?” Atau, “Ini negara Indonesia, yang di sebelahnya ini negara apa?”

Jigsaw Puzzle Abjad dari kayu
Jigsaw Puzzle Peta Dunia

Pada Jigsaw puzzle biasanya tercantum rentang usia anak yang sesuai dengan tingkat kesulitan puzzle tersebut. Pilihlah yang sesuai dengan usia anak anda. Puzzle yang terlalu sulit akan menyebabkan anak frustasi dan kehilangan minat. Setahap demi setahap sediakan puzzle yang lebih rumit. Jangan lupa pilih puzzle dengan gambar dan warna yang menarik.


Ajak seluruh keluarga menyusun jigsaw puzzle sehingga menjadi hiburan yang mendidik.
Have Fun!


Gambar:
http://daveharman.com/wp-content/uploads/2011/11/jigsaw-puzzle-2.jpg
http://www.gameoz.com.au/images/detailed/15/fish_puzzle_alphabet.jpg



Tidak ada komentar:

Posting Komentar