Nola Ochs, Jadi Sarjana Pada Usia 95


 

Nola Ochs adalah pemegang rekor dunia Guiness untuk Lulusan Sarjana Tertua ketika menerima diplomanya di Fort Hays State University (FHSU) di Kansas, pada usia 95 tahun.  Nola lulus bersama-sama dengan cucu perempuannya, Alexandra Ochs yang saat itu berusia 21 tahun.

Nola (Hill) Ochs lahir pada 22 November 1911 di Illinois, Amerika Serikat. Ia pertama kali kuliah pada tahun 1930 di FHSU. Nola dan suaminya Vernon Ochs membesarkan 4 anak di rumah peternakan mereka di Jetmore, Kansas. Setelah suaminya meninggal pada tahun 1972, ia merasa bahwa tak lama lagi ia akan menyusul. Namun ia masih sehat lima tahun kemudian dan mulai mengambil kuliah di Dodge City Community College.  Kemudian ia pindah sejauh 160 km unruk mengambil gelar sarjana di FHSU.

Di tahun pertamanya di Fort Hays, ia mengatakan kepada para wartawan yang mewawancarainya bahwa setelah lulus, ia ingin menjadi pendongeng di atas kapal pesiar. Tentu saja Nola hanya bercanda. Namun setelah ia lulus, ia diundang untuk menjadi pendongeng di kapal pesiar Princess Cruise. Ia menceritakan pengalaman hidupnya kepada para wisatawan. Ia juga diundang ke berbagai acara di televisi.

Nola tidak sekedar kuliah. Ia benar-benar mempelajari bahan-bahan kuliahnya. Setiap kali ia berbicara di dalam kelas semua orang mendengarkan, karena ia dianggap sebagai mahasiswa “paling banyak tahu” di antara teman-teman kuliahnya.

Nola kemudian melanjutkan ke tingkat master dan lulus pada 15 Mei 2010. Setelah itu ia masih melanjutkan kuliah lagi.

Saat ini Nola berhenti kuliah sementara untuk menulis sebuah buku tentang perjalanan hidupnya. Buku itu akan diberinya judul “Nola Remembers”.

Nola Ochs bukan satu-satunya orang yang senang belajar pada usia senja. Rekor dunia sarjana tertua saat ini dipegang seorang pria Taiwan yang menjadi sarjana pada usia 96 tahun.

Anda mungkin tercengang, bagaimana orang yang sudah begitu tua masih dapat belajar dan meraih sukses. Sebetulnya anda tidak perlu heran karena menurut prinsip plastisitas otak, apa yang kita alami dan pelajari akan mengubah struktur otak kita. Jadi tidak ada istilah terlambat untuk belajar. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar