Belajar Mengenali dan Mengatasi Emosi Dengan Kolase

Anak-anak perlu belajar mengenal emosi yang mereka rasakan dan menghadapi emosi negatif seperti marah, sedih dan kecewa.

Salah satu cara mudah dan sederhana untuk mengajarkan anak tentang emosi dan menangani emosi dengan baik adalah dengan membuat kolase atau poster emosi.

Ajarkan anak mengenali emosi, misalnya ketika anak murung, Anda dapat mengatakan, "Kamu kecewa ya, karena nenek tidak jadi datang?" atau "Pasti kamu senang karena ayah membelikan mobil mainan yang kamu inginkan."

Setelah anak dapat mengenali emosi, Anda dapat mengajaknya  membuat kolase atau poster emosi. Sediakan kertas putih (misalnya ukuran HVS), kertas berwarna-warni dan lem. 

Ajak anak mengekspresikan emosinya dengan menempelkan sepotong kertas berwarna pada kertas putih. Anak dapat memilih warna tertentu untuk sebuah emosi, misalnya merah untuk marah, orange untuk gembira, biru untuk sedih dan sebagainya. Setiap anak merasakan emosi tertentu anak dapat menempelkan kertas berwarna pada kertas putih sesukanya. 

Ketika anak mengalami emosi negatif, anak dapat "membuang" emosi tersebut dengan menempelkannya pada kolase emosinya. 

Persilakan anak mengisi kolasenya hingga penuh. Berisikan kertas yang baru ketika anak memerlukannya. 

Setelah kolase penuh terisi, Anda dan anak dapat menempelkannya di dinding. Anda dapat melihat emosi apa yang sering dialami anak Anda dari kolase emosi.

Aktivitas ini sangat efektif membantu menangani emosi negatif. Anda pun dapat membuat kolase emosi Anda sendiri . 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar