Permainan Balita Sesuai Perkembangan 2 - 3 tahun


Pada tahun ketiga kehidupannya, balita mulai bermain bersama dan berinteraksi langsung dengan balita lain. Oleh karena itu balita akan menyukai permainan yang bersifat lebih sosial. Balita akan terlibat permainan yang membutuhkan berbagi dan bergiliran.
Mainan yang sesuai untuk perkembangan pada tahap ini antara lain

Puzzle sederhana
Balita Anda sudah memiliki kemampuan motorik halus yang dibutuhkan untuk bermain puzzle sederhana. Permainan ini mendorong balita belajar memecahkan masalah dan menyusun strategi. Puzzle juga memberikan sensasi pencapaian ketika balita menyelipkan kepingan puzzle yang terakhir.

Permainan olahraga
Dengan begitu banyak energi dan kemampuan fisik yang harus diasah, permainan dengan bola sangat disukai balita pada tahap usia ini. Balita dapat menendang bola, atau belajar memukulnya dengan raket. Permainan olahraga juga sangat baik untuk mempelajari kemampuan sosial: bergiliran dan bergantian, gagasan bermain dengan jujur dan menerima kekalahan dengan lapang dada.

Permainan dagang-dagangan
Sebuah cash register, uang mainan, keranjang belanja dan beberapa kardus bekas dapat digunakan balita untuk membuka tokonya sendiri. Permainan ini mengajarkan balita berinteraksi dengan orang lain dan membantunya memahami dunianya.

Sumber:: http://www.kidspot.com.au/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar