Demeter dan Persephone


Zeus, raja dewa Yunani mempunyai lima saudara, dua laki-laki, tiga perempuan. Semuanya mempunyai tugas penting. Demeter, adik perempuan Zeus, bertanggung jawab atas panen. Bila Demeter tidak bekerja, tanaman mati dan bisa terjadi bencana kelaparan. Itulah sebabnya semua orang, manusia dan dewa, selalu berusaha agar Demeter bahagia.
Demeter sangat menyayangi potri bungsunya, Persephone. Mereka bermain di ladang tiap hari. Ketika Pershepone tersenyum kepada ibunya, hati Demeter senang sekali dan tanaman tumbuh subur dan sehat. Bunga-bunga bermekaran. Waktu berjalan, Persephone tumbuh menjadi seorang gadis jelita.
Hades, raja dunia bawah tanah, adalah seorang pemuram. Ia biasanya tinggal di istananya di bawah tanah.
Pada suatu hari Hades merasa gelisah. Ia mengajak Cerberus, anjingnya yang berkepala tiga pergi dengan kereta kuda. Cerberus biasanya berjaga di gerbang dunia bawah tanah. Hari ini Hades inginl Cerberus beristirahat sejenak.
Hades membawa keretanya ke bumi. Cerberus dengan gembira melompat ke luar dari kereta dan menciumi bunga-bunga dengan ketiga hidungnya. Tiba-tiba Cerberus lari menyongsong seorang gadis cantik. Itulah pertama kalinya Hades melihat Persephone. Orang lain ketakutan melihat Cerberus, tapi Persephone malah tertawa dan mengusap-usap kepala anjing itu.
Hades memperhatikan Cerberus bermain dengan gembira bersama Persephone. Sekali sekali terdengar suara Persephone tertawa. Hades langsung jatuh cinta. Sebelum ada yang dapat mencegah, Hades menangkap Persephone yang sebenarnya adalah keponakannya sendiri dan membawanya ke kereta. Hades membawanya turun ke dunia bawah tanah yang gelap.
Hades mengurung Persephone di sebuah kamar yang indah di istananya. Hades menyuguhkan berbagai makanan lezat. Persephone tidak mau makan. Ia pernah mendengar, bila seseorang menyantap makanan di dunia bawah tanah, ia tidak akan dapat kembali ke bumi. Persephone ingin segera pulang ke bumi.
Seminggu berlalu. Karena kelaparan. Persephone makan enam butir biji delima. Ia lalu menangis karena ia tak mungkin lagi kembali ke bumi.
Sementara itu Demeter sangat kehilangan karena Persephone dibawa oleh Hades. Ia tidak peduli banyak tanaman mati. Ia hanya ingin menemukan kembali putrinya. Zeus telah mendengar berita itu. Ia menyuruh Hermes puteranya untuk menemui Hades dan meminta agar Persephone diijinkan pulang.
Hermes berhasil menemui Hades. Hades mau Persephone menikah dengannya dan tingggal di dunia bawah tanah. Hermes mendesak agar Persephone diijinkan pulang karena dapat menimbulkan bencana besar.

Akhirnya mereka membuat kesepakatan. Persephone menikah dengan Hades dan menjadi ratu di dunia bawah tanah selama enam bulan pada musim gugur dan musim dingin. Pada musim semi dan musim panas Persephone akan tinggal di bumi.
Tiap musim semi, Demeter membuat ladang-ladang hijau,  bunga-bunga bermekaran dan tanaman pangan tumbuh subur. Tiap musim gugur, Persephone kembali ke dunia bawah tanah. Demeter tidak mempedulikan tanaman dan bunga dan membiarkannya layu dan mati. Musim semi mendatang Demeter akan mennghidupkan semua tumbuhan hidup kembali untuk menyambut kedatangan Persephone.
Masyarakat Yunani kuno percaya bahwa itulah sebabnya ada musim di dunia ini, musim dingin, musim semi, musim panas dan musim gugur

Jawab pertanyaan ini:

  1. Apa tugas Demeter?
  2. Apa yang terjadi bila Demeter merasa tidak bahagia?
  3. Siapa nama anak bungsu Demeter?
  4. Siapa Hades? Di mana ia tinggal?
  5. Apa hewan kesayangan Hades? 
  6. Apa yang tidak biasa pada hewan peliharaan Hades ini?

Tidak ada komentar:

Posting Komentar