Manfaat Membacakan Cerita Untuk Anak-anak


Membacakan cerita atau buku bermanfaat untuk anak segala usia, baik bayi, balita maupun anak yang lebih besar. Anda bahkan bisa mulai membacakan buku ketika bayi Anda masih dalam kandungan. Bacakan untuk anak Anda selama 20 menit tiap hari.

Berikut ini manfaat membacakan untuk anak-anak
Persiapan masuk sekolah
Membaca untuk anak-anak adalah cara paling mudah dan paling efektif untuk mempersiapkan anak masuk sekolah. Anak yang dibacakan sejak masih kecil biasanya meraih prestasi bagus di sekolah. Ketika membaca untuk anak sejak masih kecil, Anda menstimulasi kemampuan bahasa dan keaksaraan, sekaligus membangkitkan motivasi, rasa ingin tahu dan memori.
Mengembangkan Kosakata
Sekitar 80% otak anak berkembang sebelum usia 5 tahun. Otak anak dengan mudah menyerap apa saja ketika mereka masih kecil. Anda mengucapkan sebuah kata di depan mereka, mereka akan menirukannya. Ketika Anda membaca untuk mereka, mereka akan mendengar kata-kata yang tidak mereka dengar dalam percakapan sehari-hari. Buku membantu anak-anak membangun kosakata dan penguasaan bahasa.
Kemajuan edukasi
Penelitian menunjukkan, makin banyak buku anak di rumah, makin maju anak di sekolah. Membacakan untuk anak adalah aktivitas yang menyenangkan dan membantu anak mencapai prestasi di sekolah. Sediakan sebanyak mungkin buku-buku yang sesuai dengan usia anak di rumah.
Memperkaya kultural
Melalui buku Anda dapat mengenalkan budaya dan kebiasaan dari daerah atau negara lain. Misalnya dari cerita rakyat Nusantara atau dari negara lain.
Membangun karakter
Anda dapat menggunakan cerita untuk membangun karakter dengan mengajak anak mengenali perilaku tokoh cerita yang baik atau jahat. Anda dapat menanyakan kepada anak berdasarkan cerita yang Anda baca, “Perbuatan si anak gembala yang berbohong itu baik atau tidak?” atau “Mengapa tidak ada orang yang mau membantu anak gembala?”
Mencintai buku
Membacakan untuk anak-anak membangun hubungan keluarga dan anak-anak belajar mencintai buku dan membaca. Buka buku dan mulai membacanya. Anak akan mendengar suara Anda, menghentikan aktivitas mereka dan mendatangi Anda, duduk di pangkuan atau pelukan Anda dan mendengarkan Anda membaca. Kemudian, mereka ingin Anda membacakan buku-buku lain. Anak-anak belajar disiplin diri sambil menikmati waktu istimewa bersama Anda.
Manajemen stress
Anak-anak belajar mengatasi stres dan mendapat pengalaman baru dari buku. Cerita bermanfaat dalam membantu anak menghadapi transisi dari satu tahap perkembangan ke tahap berikutnya (misalnya mulai masuk sekolah, keluarga pindah ke tempat tinggal baru) atau menghadapi situasi yang menyebabkan stres seperti kehilangan hewan kesayangan, lahirnya adik baru). dapat dikatakan ada buku yang relevan dengan berbagai situasi yang dihadapi anak. Buku-buku ini membantu menjelaskan sebuah situasi kepada anak-anak sesuai usia mereka.

Membangun kelekatan (hubungan emosional)
Membacakan anak juga memberi manfaat untuk orang tua. Waktu berkualitas yang dihabiskan berama untuk membaca memperkuat kelekatan dan hubungan dalam keluarga yang membantu anak  mengembangkan kemampuan sosial,i nterpersonal dan komunikasi .

Sumber:
http://www.childrenwishingwell.org

http://blog.readingeggs.com/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar