Membacakan Anak Balita


Sebagai orang tua saya merasakan bahwa membacakan anak adalah investasi yang paling penting dalam mempersiapkan keberhasilan anak di sekolah dan dalam kehidupan. Hal yang sederhana, membacakan anak 15 menit sehari dampaknya sangat mendalam. Penelitian di Amerika menunjukkan bahwa murid-murid yang sehari-harinya gemar membaca, memiliki skor membaca tertinggi. Membacakan anak minimal 3 kali seminggu menghasilkan perkembangan yang signifikan.

Jangan lupa bahwa anak-anak adalah makhluk pencari kenikmatan, sama seperti kita. Jika mereka menikmati suatu aktivitas, mereka akan bolak-balik melakukannya. Sebaliknya jika mereka tidak suka, mereka akan menghindari aktivitas tersebut. 

Membacakan balita akan membantunya untuk:
  • Mengasosiasikan membaca dengan perasaan hangat dan menyenangkan sambil belajar tentang kata-kata dan bahasa 
  • Membangun konsentrasi 
  • Memperhatikan bahasa buku dan mulai mengamati bahwa bahasa tulis berbeda dengan  bahasa lisan 
  • Mempertajam kemampuan mendengarkan mereka 
  • Membangun kosa kata dengan kata- kata yang mereka pahami dan dapat mereka gunakan 
  • Membangun pengetahuan dasar akan berbagai topik 
  • Menemukan mata rantai antara gambar dan cerita dalam buku dengan benda-benda dan kejadian-kejadian di dunia mereka. 
  •  Mengingat dan ikut dalam rhyme dan frase-frase yang repetitif 
  •  Mulai memahami beberapa konsep cetakan seperti gambar dan cetakan adalah simbol dari benda-benda nyata, dan bahwa kita membaca kata-kata, bukan gambar

Bagaimana memilih buku yang disukai balita
  • Anak kecil adalah makhluk visual, pilihlah buku dengan warna yang terang ceria dan   bergambar besar. Warna cerah membangkitkan emosi positif anak dan merangsang         imajinasinya.Bantu balita anda belajar mengatasi perasaannya. Carilah buku dengan karakter yang mengatasi emosi dan menghadapi pengalaman tertentu
  • Anak-anak merasa bangga bila mereka dapat ikut berpartisipasi. Bacakan buku-buku      dengan rhymes dan kata-kata terprediksi, repetitif yang dapat mereka ingat 
  •  Pilih buku yang sesuai dengan kesukaan anak. Misalnya carikan buku tentang anjing jika  anak suka anjing.
  • Balita mampu fokus –dalam waktu singkat- jika mereka tertarik. Bacakan buku bergambar tanpa kata-kata dan buku cerita dengan plot sederhana dengan hanya beberapa kata per halaman 
  • Anak kecil penuh rasa ingin tahu. Bacakan buku tentang orang, hewan, tempat, maupun kejadian baru yang belum pernah mereka temui. 
  • Anak balita mengembangkan kota kata dengan mendengarkan.Cari buku bacaan beberapa tingkat di atas kosa kata mereka saat ini untuk memperkenalkan kata-kata dan gagasan-gagasan baru. Juga carilah buku dengan banyak gambar benda-benda yang dapat disebutkan namanya. 
  •  Balita mulai menalar konsep-konsep seperti bentuk, angka, ukuran, warna, dan waktu. Bacakan buku-buku bergambar yang berkonsep untuk mendorong pembelajaran mereka.  
  • Pilih buku yang relevan dengan situasi sehari-hari, misalnya belajar mandiri dalam menggunakan toilet, mencuci tangan dan mandi.
Begitu banyak ide dan cara untuk membangun rutinitas membacakan anak. Pasti ada minimal satu yang cocok untuk gaya hidup anda. Anda bisa mencoba beberapa gagasan berikut ini:
  • Gunakan tips untuk bayi yang cocok untuk balita 
  •  Bacakan buku yang sama bila anak menginginkannya, berulang-ulang. Ia akan memberitahu anda bila ia bosan dengan sebuah buku. 
  •  Buat bacaan menjadi hidup. Ganti aksen bicara, nada dan volume suara (berteriak, berbisik, bernyanyi), buat suara-suara yang konyol, dan variasikan kecepatan membaca sesuai dengan tokoh dan plot cerita. 
  • Siapkan crayon dan kertas unuk menyibukkan balita yang lebih mudah mendengarkan pada saat sibuk 
  •  Sambil membaca, perhatikan bagian-bagian dimana anak bisa ikut berpartisipasi misalnya dengan mengulang kata-kata dan frase-frase yang menarik. 
  • Seringlah berhenti untuk berkomentar, bertanya dan memperhatikan ilustrasi 
  •  Gunakan boneka, kostum dan alat lain yang berhubungan dengan cerita 
  •  Doronglah balita untuk ikut serta membalik halaman, menyebutkan benda-benda pada gambar, menirukan suara, mengulangi rhymes dan frase dan menebak apa yang akan terjadi selanjutnya. 
  • Ajak anak berdiskusi tentang hubungan cerita di buku dengan pengalaman anak sehari-hari
Today a Reader, Tomorrow a Leader.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar