Vincent van Gogh (1853-1890)



Vincent van Gogh dilahirkan pada tahun 1853 di Zundert, Belanda.

Vincent mempunyai banyak pekerjaan. Ia pernah bekerja di toko buku, di galeri seni, menjadi guru dan menjadi pendeta. Pada saat menjadi pendeta itulah ia mulai membuat sketsa wajah orang-orang di sekitarnya.
Kemudian, sekitar tahun 1880, adiknya Theo menyarankan agar  Vincent hanya bekerja sebagai seniman saja.

Ketika melukis, Vincent suka memainkan cahaya dan menggunakan sapuan kuas yang bebas. Ia menggunakan warna-warna bernuansa tanah yang suram dan gelap.

Pada tahun 1885 Vincent pergi ke  Belgia dan melihat seni  lukis Jepang yang menggunakan warna-warna cerah. Hal ini sangat mempengaruhi gaya melukisnya.

Pada tahun 1886 ia pindah ke Paris dan tinggal di sana bersama Theo adiknya. Vincent bertemu dengan seniman-seniman lain seperti Paul Gauguin dan Henry de Tolouse-Lautrec. Pada saat inilah ia menemukan impresionisme dan menyukai penggunaan warna dan cahaya dan teknik pointillism di mana ia menggunakan titik-titik kecil yang membaur menjadi warna-warna yang indah. Vincent kemudian dikenal sebagai pelukis bergaya post-impresionist.

Vincent dirawat di sebuah institusi mental pada tahun 1889. Dokter yang merawatnya menggunakan suatu obat yang efek sampingnya adalah penderita melihat warna kuning atau bercak-bercak kuning.  Mungkin itulah sebabnya ia banyak menggunakan warna kuning dalam lukisan-lukisannya. Pada masa ini ia juga  mulai melukis dengan garis-garis tipis dan kemudian juga menggunakan pusaran-pusaran.

Sayangnya pada tahun 1890 Vincent menembak dirinya sendiri di dada dan meninggal dua hari kemudian. Usianya 37 tahun.

Karyanya yang paling terkenal mungkin adalah The Starry Night yang dilukisnya pada tahun 1889.


Fakta-fakta luar biasa dari Vincent van Gogh:

Ia menyelesaikan lebih dari 2000 lukisan dalam waktu 10 tahun namun hanya pernah menjual sebuah lukisan!

Lukisannya yang terkenal, The Starry Night mempunyai gambar bintang-bintang yang letaknya tepat sama dengan posisi yang sebenarnya di langit.

Vincent menulis lebih dari 800 surat. Sebagian besar ditulisnya kepada adiknya Theo.

Pada tahun 1971, Don McLean menulis sebuah lagu balada berjudul “Vincent (Starry, Starry Night)” yang bercerita tentang Vincent van Gogh, lukisannya The Starry Night dan beberapa lukisannya yang lain.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar