Christopher Columbus (1451-1506)



Christopher Columbus lahir di Genoa, Italia pada tanggal 31 Oktober 1451. Ia anak sulung dari lima bersaudara dalam keluarganya. Ayahnya bekerja sebagai pemintal benang wol. Ia membantu pekerjaan ayahnya, namun ia selalu ingin pergi berlayar.

Columbus tidak banyak mendapat pendidikan formal di sekolah, namun ia belajar membaca dan menulis bahasa Spanyol selama perjalanannya. Ia juga belajar bahasa Latin karena pada masa itu semua buku Geografi di tulis dalam bahasa Latin.

Banyak orang mengira bahwa Columbus ingin membuktikan bahwa bumi ini bulat. Hal itu tidak benar. Pada waktu itu sebagian besar orang sudah mengetahui bahwa bumi bulat. Columbus ingin menemukan jalan kapal yang lebih pendek menuju India.
Selama delapan tahun Columbus memohon kepada Raja Ferdinand dan Ratu Isabella dari Spanyol untuk mendukung perjalanannya dengan kapal dan uang. Raja akhirnya menyetujuinya. Columbus mendapatkan tiga kapal, Santa Maria dan dua kapal yang lebih kecil, Pinta dan Nina. Ia menyiapkan perbekalan makanan untuk satu tahun. Dalam empat bulan Columbus siap berlayar.

Mereka meninggalkan Spanyol pada tanggal 13 Agustus 1492. Mereka hanya singgah satu kali, kemudian berlayar ke arah barat. Setelah hampir dua bulan, para awak kapal merasa putus asa dan ingin pulang.

“Tiga hari lagi,” kata Columbus. “Bila kita tidak melihat daratan dalam tiga hari, kita berputar dan pulang.”

Dua hari kemudian mereka melihat daratan, sebuah pulau yang kemudian oleh Columbus diberi nama San Salvador. Ia mengira menemukan India dan menyebut penduduk asli pulau itu Indian.

Ketika tiba di Cuba, ia mengira ia ada di Cina. Pada malam Natal, kapal Santa Maria mengalami kerusakan di dekat Haiti. Columbus membangun benteng dan meninggalkan 40 orang di sana untuk mencari emas. Kemudian ia kembali ke Spanyol dengan kapal Nina dan Pinta. Ia membawa banyak barang untuk ditunjukkan kepada Ratu Isabella, emas, mutiara, burung kakaktua dan enam orang Indian.

Banyak pelaut ingin ikut dalam perjalanan Columbus berikutnya. Mereka ingin mendapatkan emas dan kekayaan. Tahun berikutnya Columbus berlayar lagi. Kali ini ia memimpin 17 kapal dengan 1500 awak kapal. Sayangnya para awak kapal itu tidak menemukan banyak emas dan mereka kecewa. Mereka memenjarakan Columbus di Spanyol.

Ratu Isabella membebaskannya dan ia berlayar kembali ke Hispaniola yang sekarang dikenal sebagai Caribia. Ia tinggal di sana selama 10 tahun. Ia sangat kaya namun kesehatannya kurang baik. Ia kembali ke Spanyol dan meninggal pada tanggal 20 Mei 1506.

Columbus bukan hanya menemukan Dunia Baru, ia juga membukakan jalan bagi banyak penjelajah lain.

Hari Columbus diperingati pada setiap tanggal 12 Oktober di Spanyol. Sedangkan di Amerika, kecuali Kanada, hari Columbus diperingati pada hari Senin kedua dalam bulan Oktober setiap tahun. Pada tahun 2011 ini peringatan jatuh pada tanggal 10 Oktober 2011. Hari Columbus diperingati untuk mengenang kedatangan Columbus di benua Amerika pada tanggal 12 Oktober 1492.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar