Ajak Anak Bicara dan Dengarkan



Semua anak unik. Sebagai orang tua, kita wajib mengenal mereka. Kita perlu tahu apa yang membuat mereka marah atau kesal. Dengan begitu kita dapat mencegah kemarahan dan suasana hati yang tidak menyenangkan.
Apa yang perlu dilakukan orang tua agar dapat memahami mereka? Ajaklah bicara serta dengarkan mereka. Dengan begitu, kita dapat memahami apa yang mereka rasakan dan pikirkan. Berikut ini hal-hal yang perlu Anda perhatikan saat berkomunikasi dengan anak.
Bahasa: Pakailah kata-kata yang bernada positif. Katakan dengan jelas apa yang tidak boleh mereka lakukan dan apa yang Anda minta untuk mereka lakukan. Daripada berkata: “Jangan buat kekacauan”, sebaiknya Anda berkata: “Tolong bereskan mainan kalian.” Ini adalah salah satu contoh cara pengasuhan anak yang positif.

Ubahlah nada bicara Anda: Suara adalah sarana yang sangat penting dalam berkomunikasi. Dengan mengatur nada atau volume suara, Anda dapat menghentikan situasi yang kacau atau menyuruh anak melakukan yang Anda inginkan. Anda bisa melakukan hal ini dengan anak yang lebih besar.
 Dengarkan: Doronglah anak Anda untuk berbicara dengan Anda. Anda bisa duduk di sebelah mereka. Hal itu memudahkan mereka untuk berbicara dan mendengarkan Anda. Pastikan posisi Anda sejajar dengan anak Anda. Bagaimanapun anak-anak sedang belajar memakai bahasa dan mereka perlu didengarkan.
Bantu mengungkapkan perasaan: Cobalah menolong mereka dalam menemukan kata-kata yang tepat untuk mengungkapkan apa yang mereka rasakan. Meskipun hal ini perlu waktu lama, teruslah beri dorongan kepada mereka.
Beri penjelasan: Jika Anda memberi larangan kepada anak, sebaiknya diikuti dengan memberi penjelasan dan beri alternatif lain. Misalnya: “Rosi sedang bermain-main dengan bonekanya. Nah, kalau begitu, mari kita cari mainan yang lain.”
Libatkan anak: Setiap kali Anda punya kesempatan membicarakan peraturan dan hal yang Anda harapkan dari anak, libatkan mereka dalam pembicaraan.
Diskusi: Saat anak Anda sudah mulai besar, ajaklah mereka berdiskusi mengenai aturan yang akan mereka jalani.
Katakan bahwa Anda mencintai mereka. Tunjukkan rasa sayang Anda dengan tersenyum, memeluk, dan mencium mereka. Katakan kepada mereka saat Anda kesal, atau saat Anda tidak suka dengan perilaku mereka. Mereka perlu mengetahui dan 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar