Beri Anak Kesempatan Bermain


Anak perlu bermain. Mereka butuh waktu untuk bermain sendiri, bersama teman-temannya, dan bersama orang tua.

Apabila mereka ada kegiatan bermain yang mengasyikkan, mereka tidak akan melakukan kenakalan-kenakalan yang tidak perlu seperti membuang remote control ke tong sampah atau berantem dengan adik atau kakaknya. Jika Anda harus mengerjakan banyak hal, Anda bisa menyiapkan aktivitas bermain untuk anak-anak sehingga mereka bisa melewatkan waktu yang menyenangkan.

Anak dapat belajar sesuatu dari permainan yang mereka lakukan. Pastikan mereka bermain dengan aman.

Berikut ini beberapa ide untuk aktivitas bermain:

Menggambar dan mewarnai: Anak-anak biasanya menyukai aktivitas yang berkaitan dengan karya seni. Prinsip mereka: Semakin kacau, semakin seru!

Bermain air: Sediakan botol dan gelas plastik yang dapat dipakai anak untuk bermain air.

Bermain imajinasi: Anda dapat mengajak anak memakai boneka mereka untuk pura-pura mengadakan acara minum teh. Anda bisa juga mengajak mereka membuat kebun binatang mainan dengan memakai boneka-boneka binatang mereka. Selain itu, Anda bisa menyediakan peralatan dapur yang tidak mudah pecah dan tidak membahayakan untuk dipakai anak bermain toko-tokoan. Biarkan imajinasi anak Anda berkembang.

Pakai sarana yang sederhana: Anda bisa memakai satu kotak krayon dan lilin untuk bermain bersama anak. Ketika mandi, ajak anak bermain dengan menggunakan gelas plastik atau spons.

Ikut serta: Sediakan waktu barang lima menit untuk ikut bermain bersama anak. Tunjukkan kepada mereka bahwa aktivitas mereka itu penting.

Tips ini merupakan bagian dari Booklet Cara Cerdas Mengatasi Konflik dan Kenakalan Anak - Kumpulan Tips Parenting, tulisan Andyda Meliala dan Tim Resourceful Parenting Indonesia yang akan beredar akhir Juni 2013.
Hubungi 0818 682 099

Tidak ada komentar:

Posting Komentar