Apa yang Paling Diinginkan Anak-anak Dilakukan Orang Tua untuk Mereka?

Apa yang menurut Anda paling penting bagi anak-anak Anda? Anda mengantar-jemput mereka ke sekolah, ke les piano, vokal, bahasa asing, atau latihan olah raga, senyum dan pelukan Anda ketika menyambut mereka sepulang dari sekolah? Bila Anda memikirkan hal yang kedua, Anda benar.
Berikut ini tulisan oleh Erin Kurt untuk www.lifehack.org tentang 10 Hal yang Paling Diinginkan Anak-anak untuk dikerjakan bersama Orang Tua Mereka, baca terus yuk!
Enam belas tahun mengajar dan memberi murid-murid tugas yang sama tiap Hari Ibu membawa saya ke sebuah kesimpulan. Tiap menjelang Hari Ibu, saya meminta murid-murid saya memberikan saran-saran untuk peran seorang ibu. Mereka harus memikirkan hal-hal yang dilakukan ibu atau wali mereka yang membuat mereka merasa bahagia atau dicintai. Ruangan kelas akan menjadi sunyi ketika murud-murid menulis dengan serius untuk waktu yang lebih lama dari biasanya. Kadang-kadang senyum merekah di wajah  mereka, menunjukkan mereka membayangkan pengalaman bahagia yang mereka ingat. Setelah membaca tulisan mereka, saya akan menulisnya ke daftar ide para pelajar itu. Anehnya, respon para pelajar itu rata-rata sama. Di tiap negara di mana saya pernah mengajar dan pada tiap tipe demografis, para pelara mengatakan hal-hal yang sama dan mempunyai pesan yang sama: hal-hal kecil yang dilakukan para ibu yang paling berarti dan yang mereka paling ingat.
Banyak ibu  merasa dirinya bukan ibu yang baik jika tidak dapat  terus berpacu bersama waktu, melompat-lompat dari satu aktivitas luar sekolah anaknya yang satu aktivitas lain. Beberapoa ibu mengatakan kepada saya behwa mereka ingin memberikan anak-anak mereka tiap kesempatan yang dulu mereka sendiri tidak miliki. Pikiran seperti ini membuat para ibu merasa tenang, di lain pihak justeru dapat membuat anak-anak mereka tertekan, stres dan kelelahan.
Setelah membicarakan topik ini panjang loebar dengan murid-murid saya, jelaslahbagi saya bahwa para pelajar sekarang ini terlibat dalam terlalu banyak aktivitas dan akibatnya menghambat hubungan mereka dengan diri sendiri dan keluarga mereka. Sebagai tambahan, murid-murid saya mengatakan bahwa mereka benar-benar ingin mempunyai waktu untuk”bersenang-senang”. Tentu saja banyak dari mereka menikmati aktivitas mereka di luar sekolah, tapi tidaklah penting bahwa mereka diijinkan melakukan semuanya. Yang sangat mereka sukai dan membuat mereka paling bahagia adalah ketika ibu mereka melakukan hal-hal kecil untuk mereka atau bersama mereka
Berikut ini adalah 10 hal yang diingat dan paling disukai oleh pelajar di berbagai bagian dunia:
  1. Ibu datang ke kamar tidurku menjelang tidur, menemaniku  berangkat tidur, menyanyi dan juga bercerita tentang aku ketika masih kecil.
  2. Ibu memeluk dan menciumku, kami duduk bersama dan berbicara berduaan saja.
  3. Ibu meluangkan waktu berkualitas hanya bersamaku, tanpa saudara-saudara di dekat kami.
  4. Ibu memberiku makanan bergizi sehingga aku dapat tumbuh dengan sehat.
  5. Pada saat makan malam, kami membahas apa yang bisa kami lakukan bersama pada akhir minggu
  6. Pada malam hari, ibu berbicara tentang  apa saja: kasih sayang, sekolah, keluarga, dsb.
  7. Mengijinkan aku banyak bermain di luar.
  8. Bergelung bersama di bawah selimut, menonton acara favorit kami di tv.
  9. Menerapkan disiplin pada diriku. Hal ini membuatku mereasa bahwa ayah dan ibu peduli tentang diriku.
  10. Menaruh pesan khusus di bangku sekolahku atau kotak bekalku.

Tanpa kita sadari, anak-anak sangat bijaksana dan memandang dunia dengan cara yang lebih sederhana daripada kita sendiri. Apa salahnya kita mulai mengikuti nasihat mereka? Mungkin kita akan merasa stres kita sedikit berkurang dan puas dengan fakta bahwa melakukan hal-hal kecil untuk anak-anak kita adalah hal yang baik.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar