Kangguru Sang Petinju


Kangguru adalah hewan khas Australia. Beberapa jenis kangguru juga hidup di pulau Irian. Kangguru Australia bertubuh lebih besar daripada kangguru Irian.

Kangguru merupakan hewan marsupial, yang artinya hewan berkantung. Kangguru betina membawa-bawa anaknya di dalam kantung selama sang anak masih memerlukan air susunya. Bayi kangguru yang baru lahir secara naluriah akan merayap masuk ke dalam kantung induknya untuk menyusu, walaupun ia masih belum dapat melihat.

Kangguru mempunyai sepasang kaki belakang yang sangat kuat, telapak kaki yang beradaptasi untuk melompat, ekor panjang berotot yang menjaga keseimbangan tubuhnya dan kepala kecil.  Kangguru terbesar, yaitu kangguru merah dapat mencapai tinggi 2 meter bila berdiri tegak dengan dua kaki, dan beratnya bisa mencapai 90 kg.



Kangguru dikenal sebagai hewan yang suka “bertinju”. Tentu saja bukan bertinju di atas ring untuk memperebutkan gelar juara, namun berkelahi dengan menggunakan kaki depan dan juga kaki belakangnya. Kangguru bahkan berdiri dengan ekornya sebagai penopang sementara keempat kakinya digunakannya untuk berkelahi. 

Kangguru terutama makan rumput.  Kangguru jenis kecil juga makan beberapa jenis jamur. Mereka dapat bertahan hidup walaupun tidak minum cukup lama. Sebagian besar kangguru  beristirahat dan bersantai di siang hari dan mencari makanan pada sore dan malam hari.

Dan tahukah kamu:
  • Kangguru mempunyai sepasang kaki depan yang pendek dan tidak mempunyai ibu jari
  • Kangguru tidak dapat melompat bila ekornya tidak menyentuh tanah.
  • Sekali lompat, kangguru besar dapat menempuh jarak lebih dari 9 meter.
  • Kangguru tidak dapat berjalan mundur.
  • Makin cepat melompat, kangguru membakar makin sedikit energi

Tidak ada komentar:

Posting Komentar