Leonardo da Vinci (1452-1519)






Leonardo lahir pada 15 April 1452 di kota Vinci, Florence, Italia. Nama lengkapnya Leonardo di ser Piero da Vinci. Da Vinci di sini berarti lahir di kota Vinci, demikianlah cara orang memberi nama pada masa itu.

Leonardo hidup pada sebuah masa yang disebut Renaissance. Pada masa itu semua orang tertarik pada seni dan membuat karya-karya besar.

Leonardo adalah seorang genius, ia dapat melakukan berbagai hal dengan baik. Ia juga disebut sebagai seseorang yang memiliki rasa ingin tahu yang tak pernah puas.Ia  adalah seorang pelukis, pemahat, arsitek, musisi, ilmuwan, ahli matematika, insinyur, penemu, ahli anatomi, ahli geologi, pembuat peta, ahli botani dan penulis. Wow!

Leonardo paling dikenal sebagai pelukis, di antara karyanya, the Mona Lisa(1503-1506) dan the Last Supper (1495-1497) adalah yang paling terkenal. Lukisannya yang terkenal lainnya, the Virtuvian Man dicetak mulai dari buku-buku teks hingga ke baju kaus. Di samping lukisan, ia juga memahat patung. Leonardo juga mempunyai banyak catatan mengenai berbagai ilmu pengetahuan.

Mungkin hanya ada sekitar 15 karya lukisannya, jumlah yang hanya sedikit ini diduga karena ia selalu ingin mencoba-coba teknik baru dan kebiasaan buruknya yang suka menunda-nunda pekerjaan. Sebuah lukisan dapat diselesaikannya selama bertahun-tahun.

Leonardo meninggal pada 2 Mei 1519 pada usia 67 di Amboise, Perancis. 

Hal-hal luar biasa mengenai Leonardo da Vinci:
  • Ia adalah vegevatian seumur hidupnya.
  • Ia suka membeli burung dalam sangkar sangkar, hanya untuk melepaskannya.
  • Leonardo kidal. Ia menggunakan cermin untuk menulis terbalik dari kanan ke kiri.

Mona Lisa

The Last Supper



Tidak ada komentar:

Posting Komentar