Mari Mengenal Gajah

Gajah adalah hewan dan mamalia terbesar yang hidup di darat. Hanya satu hewan yang tingginya melebihi gajah, yaitu jerapah. Tinggi gajah dapat mencapai hampir 4 meter, lebih dari dua kali tinggi manusia dewasa. Beratnya antara 10 hingga 14 ton. Karena besar tubuhnya, gajah tidak dapat melompat.

Gajah dewasa beratnya 80 kali berat orang dewasa. Dalam sehari ia menghabiskan 160 kg yang berupa rumput-rumputan, daun-daunan, ranting pohon dan kulit pohon.  Ia lebih suka makan daun yang ada di pucuk-pucuk pohon. Minumnya 70 liter air sehari.
Gajah mempunyai belalai yang digunakan untuk bernapas, mencium bau, minum, makan dan mandi. Pada ujung belalai terdapat dua buah alat seperti jari yang digunakan untuk mencabut  rumput dan memegang benda kecil. Belalai gajah terdiri dari lebih dari 40.000 otot. 

Ia juga mempunyai gading yang digunakannya untuk membawa barang-barang berat dan  mencari makanan. Gading gajah digunakan untuk mengelupas kulit pohon.

Gajah hidup berkelompok. Satu kelompok gajah biasanya terdiri dari 10 ekor gajah betina dan anak-anak gajah. Kelompok itu dipimpin oleh gajah betina tertua dan terbesar.  Kelompok gajah biasa berjalan sepuluh mil atau lebih untuk mencari makanan dan air. Ketika berjalan bersama, anak-anak gajah berjalan di belakang induknya, sambil berpegangan pada ekor induknya dengan belalainya. Seluruh kelompok melindungi anak-anak gajah dari bahaya. 

Gajah hidup di benua Asia dan Afrika. Ada perbedaan antara gajah Asia dan Afrika. Gajah Afrika tubuhnya lebih besar. Telinganya juga lebih lebar. Selain itu, gajah Afrika baik jantan maupun betina mempunyai gading, sedangkan hanya gajah Asia jantan saja yang mempunyai gading. 

Gajah mempunyai umur yang panjang, ia dapat hidup hingga usia 70 tahun.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar