Mengapa Nyamuk Menghisap Darah?



Di seluruh dunia ada sekitar 2700 jenis nyamuk. Ada sekitar 100 triliun nyamuk di dunia hari ini.

Hanya beberapa spesies nyamuk menggigit dan menghisap darah manusia dan hewan, itu pun hanya nyamuk betina saja. Nyamuk betina membutuhkan protein darah untuk mematangkan telur dalam rubuh mereka. Nyamuk jantan menghisap cairan tumbuh-tumbuhan.

Seekor nyamuk dapat terbang dengan kecepatan satu setengah kilometer per jam bahkan lebih.
Nyamuk sebenarnya tidak menggigit, karena nyamuk tdak dapat membuka rahang mereka. Mereka mempunyai semacam tabung di mulut mereja. Di dalam tabung ini terdapat enam buah jarum yang digunakan untuk menusuk kulit kita. Nyamuk menghisap darah melalui pipa itu seperti kita minum dengan sedotan. Air liur nyamuk mencegah darah membeku, dan menyebabkan rasa gatal di kulit kita.

Kita sering mendengar bahwa beberapa penyakit ditularkan oleh nyamuk seperti Malaria, demam berdarah dengue (DBD). Nyamuk menggigit penderita dan 10 hari kemudian nyamuk itu sudah dapat menularkan penyakit kepada orang lain yang digigitnya.

Nyamuk bertelur di genangan-genangan air, jadi untuk memberantas nyamuk, kita dapat sesering mungkin  menguras bak-bak air, mengganti air dalam vas bunga. Kita juga tak boleh membiarkan barang-barang bekas menampung air sehingga dapat digunakan nyamuk untuk bertelur.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar