15 KALIMAT UNTUK MEMBANGUN HARGA DIRI ANAK


Kata-kata orang tua sangat berpengaruh dalam perkembangan harga diri (self-esteem) anak. Berikut ini 15 kalimat yang dapat anda gunakan untuk membangun harga diri anak anda:

1.    “Mama mencintaimu, apa pun yang terjadi.”

2.    “Kamu sangat istimewa karena ....” (Katakan kepadanya mengapa ia istimewa, misalnya rajin belajar, peduli kepada orang lain, suka menolong, dan lain-lain).

3.    “Mama bangga padamu.”

4.    “Tidak apa-apa kalau kamu melakukan kesalahan.” (Ajarkan anak untuk belajar dari kesalahan yang dilakukannya. Berikan contoh hal-hal yang benar yang dapat dilakukannya dalam situasi yang sama)

5.    “Kamu menyenangkan. Mama senang bersamamu.”

6.    “Mama senang mendengarkan ceritamu... ayo cerita lagi!” (Menceritakan pengalamannya sangat penting bagi anak. Bila anda sering memintanya bercerita, ia akan merasa diperhatikan dan lebih mempercayai anda.)

7.    “Hidup ini adalah hidup yang kamu ciptakan sendiri.” (Ajarkan kepada anak bahwa keputusan-keputusan dan tindakan yang ia lakukan sangat berpengaruh pada hidupnya.)

8.    “Semua hal harus seimbang.” (Ajarkan anak bahwa semua hal harus seimbang, misalnya, belajar, bermain, makan, beristirahat, semua harus sesuai dengan kebutuhan.)

9.    “Belajar untuk selalu tertawa, ya.” (Tertawa menghilangkan kesedihan dan stress, mencairkan situasi yang tegang)

10. “Baik hatilah kepada semua orang yang kamu temui, tolonglah mereka dan cobalah memahami mereka.” (Ajarkan anak anda untuk peduli kepada orang lain, tidak menghakimi seseorang dan tidak terlalu cepat mengambil kesimpulan.)

11. “Bagus, kamu berhasil menyelesaikannya!” atau “Kamu bisa!” atau “Kamu bisa menjawab soal PR ini, padahal susah juga, lho. Hebat!”

12. “Mama percaya kepadamu.” (Pernyataan yang sederhana ini mengajarkan anak bahwa anda mendukungnya.)

13. “Coba katakan, apa yang kamu pelajari dari sana?” (Ajarkan anak untuk menyaring pelajaran yang ia dapat dari pengalamannya sehari-hari.)

14. “Mama suka semangat kamu.”

15. “Kamu ... (atlit, pelukis, pembaca, penulis, dan lain-lain.) yang hebat!”

Tidak ada komentar:

Posting Komentar