Bermain dengan Play-Doh, Fun dan Bermanfaat


Play-doh menyenangkan bagi anak-anak, dan anda mungkin tidak mengira besarnya manfaat bermain play-doh bagi perkembangan anak. Bermain play-doh meningkatkan kekuatan tangan dan jari-jari, ketrampilan dan kreativitas dan kemampuan motorik. Penelitian juga menunjukkan bahwa menggunakan tangan dan jari mensimulasi otak dan meningkatkan jumlah koneksi neural di otak. Jadi anak tidak hanya membentuk hewan atau makanan  dari play-doh, ia juga membentuk otaknya.


Bicarakan: Sambil membuat adonan play-doh, anda dapat membicarakan dengan anak, misalnya “Apa yang terjadi bila semua bahan ini dicampur?” “Sekarang kita tuang airnya, apa yang akan terjadi?”

Membentuk dan Mencium: Tambahkan aroma dari bahan pembuat kue misalnya, vanilla, jeruk, mint, strawberry dll), aroma bunga-bungaan atau rempah-rempah bubuk dari kayu manis, kulit jeruk dll pada adonan play-doh anda. Mintalah anak-anak menjelaskan bau yang mereka cium pada play-doh. Misalnya, “Yuk buat gajah dengan aroma jeruk... Coba, yang mana adonan berbau jeruk?” “Yang ini berbau kayu manis, menurut kamu bau kayu manis ini seperti apa?”

Membuat Manik-manik: Ajak anak-anak membuat manik-manik dari play-doh.  Minta anak-anak membuat manik-manik berbagai bentuk, warna dan ukuran. 
Buatlah lubang pada manik-manik dengan sedotan atau pensil. Ajak anak membandingkan warna, bentuk dan ukuran manik-manik. "Yang hijau itu agak lonjong. Lebih besar atau lebih kecil ya, dari yang kuning ini?"
Biarkan manik-manik mengering.  Rangkai manik-manik dengan benang atau tali sepatu membentuk kalung, gelang atau hiasan untuk digantung.

Warna: Doronglah anak untuk menggunakan beberapa warna dalam satu bentuk, misalnya kue ulang tahun yang berwarna biru, hijau, pink, orange. Ajaklah anak mencampurkan play doh dengan warna berbeda dan melihat warna baru yang terjadi."Kita ngga punya hijau. Kamu tahu ngga, warna biru dicampur kuning jadi hijau lho. Kita coba yuk!"

Membuat tekstur: Gunakan apa saja untuk menciptakan permukaan dengan  tekstur unik, garpu, tusuk gigi, kancing, kulit kerang.

Mencetak: Anda dapat mengajarkan anak menipiskan play doh dengan gilingan kue atau sebuah botol. Anak-anak dapat menggunakan cetakan kue untuk memotong play doh sesuai bentuk yang diinginkan. Beri hiasan, lalu keringkan. Tempelkan magnet pada bagian belakangnya dan anda dapat menempelkannya di kulkas.

Memotong: Anak-anak dapat belajar menggunakan gunting. Memotong kertas mungkin agak sulit karena anak sulit memegang dan memotong kertas. Tipiskan play doh dengan gilingan kue. Berikan gunting yang aman untuk anak. Play doh baik untuk belajar menggunting sebagai pengganti kertas.

Pada dasarnya bermain play doh mempunyai manfaat sebagai berikut:
·      Membantu memperkuat jari, tangan dan pergelangan
·      Meningkatkan kemampuan motorik
·      Meningkatkan kreativitas dan imajinasi
·       Membantu anak membentuk harga diri, tidak ada istilah salah atau benar dalam menciptakan berbagai  bentuk dengan play doh.

   




Anda dapat membuat Play-Doh sendiri.
Lihat caranya di artikel kami Membuat Play-Doh Sendiri

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar