Anak Introvert


Banyak orang menduga bahwa anak introvert adalah anak yang pemalu. Namun sebenarnya tidak sama. Sifat pemalu memiliki unsur cemas, takut pada apa yang akan terjadi, kuatir. Seorang introvert bukanlah seorang pemalu, walau kadang anak introvert bisa memiliki sifat pemalu. Pada dasarnya, seorang introvert adalah seseorang yang senang menyendiri. Ia mendapatkan energi tambahan dengan menyendiri, tapi merasa gerah berada terlalu lama didalam keramaian.

Seorang introvert perduli akan dunia pikirannya. Ia menikmati kegiatan berpikir, berkhayal, mengeksplorasi pemikiran dan perasaannya. Biasanya ia menghindari situasi sosial karena berada di tengah orang banyak menguras energinya. Walaupun seorang introvert memiliki ketrampilan sosial yang baik, ia tetap perlu menyendiri setelah menghabiskan waktu cukup lama bersama orang lain misalnya di sebuah pesta.

Banyak orang tua menduga anaknya stres karena suka menyendiri. Namun stres atau depresi sangat berbeda dengan introvert. Anak introvert menikmati kesendiriannya, bahkan menjadi lebih segar dengan menyendiri. Justru jika mereka terlalu banyak berada bersama orang lain, kebutuhannya akan introspeksi akan terhambat.
Cara berkomunikasi anak introvert pun berbeda dengan anak sosial (ekstrovert). Anak introvert lebih suka memperbincangkan ide dan konsep, bukan hal remeh seperti percakapan sosial yang sekedar haha hihi.

Secara statistik, orang introvert sebenarnya mewakili sekitar 30% dari populasi dunia.  

Tidak ada komentar:

Posting Komentar