Mnemosyne, Dewi Memori


"... Jika kau tidak memiliki memori, kau tidak akan ingat bahwa kau pernah merasakan kesenangan, dan takkan ada ingatan akan kesenangan apa pun yang kau alami pada saat ini yang dapat kau bawa ke masa depan...”  -Socrates

Kata “memory” berasal dari Mnemosyne, dewi memori Yunani. Ia adalah puteri dewa langit Uranus dan dewi bumi Gaea. Mnemosyne  digambarkan memiliki rambut indah ikal panjang  berwarna merah tembaga.

Mnemosyne memberikan manusia kemampuan berpikir. Ia memberi nama kepada semua benda sehingga manusia dapat berbicara satu sama lain. Dan yang paling penting, ia memberikan manusia kemampuan untuk mengingat. Mnemosyne juga mengatur waktu dalam pikiran manusia, sehingga kita mengenal sebab akibat dan membedakan antara “sebelum” dan “sesudah”.

Mnemosyne juga menguasai sebuah kolam di dunia bawah, atau dunia orang mati milik Hades. Di sana ada beberapa sungai, di antaranya sungai Lethe. Jiwa orang yang sudah mati disuruh memilih minum air dari sungai Lethe atau kolam Mnemosyne. Mereka yang memilih minum dari sungai Lethe akan melupakan penderitaan dan ketakutan yang mereka alami dalam kehidupan mereka yang lalu dan dengan demikian juga melupakan semua pelajaran yang mereka dapatkan bersama penderitaan itu. Maka mereka pun harus dilahirkan kembali untuk mendapatkan pelajaran yang mereka perlukan. Sedangkan yang memilih minum dari kolam Mnemosyne akan diterima di padang Elysian dimana terdapat kehidupan yang nyaman dan damai. 

Pada suatu hari Zeus, raja para dewa, mendekati Mnemosyne dengan menyamar sebagai gembala. Ia tinggal bersama Mnemosyne selama sembilan hari dan setahun kemudian Mnemosyne melahirkan sembilan bayi perempuan. Kesembilan puterinya ini dikenal dengan dewi-dewi Muses. Mereka merupakan dewi-dewi puisi tentang cinta, pahlawan, lagu, tari, komedi, tragedi, musik, sejarah dan astronomi.

Bagi orang Yunani, persatuan energi (Zeus) dan memori (Mnemosyne) menghasilkan kreativitas dan pengetahuan dalam bentuk anak-anak mereka. Ini berlaku juga untuk anda, Jika anda menggunakan memori anda dengan benar, memori anda akan meningkat dan anda akan menjadi lebih kreatif dan anda akan lebih cepat mempelajari sesuatu yang baru.



Permainan Memori

Anda memiliki ingatan yang bagus? Ayo kita uji!

Sediakan pensil dan kertas. Lihatlah 25 gambar benda di bawah ini selama 30 detik. Kemudian tanpa melihat gambar-gambar itu tulislah semua benda dalam gambar yang anda ingat.

Berapa banyak benda yang anda ingat? 


         

    

       

      

       

Tidak ada komentar:

Posting Komentar